Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Warga Histeris Sambut Jokowi, Terakhir Dikunjungi Soeharto 33 Tahun Silam


I Putu Adi Budiastrawan - detikBali
Kamis, 02 Feb 2023 20:11 WIB

Jokowi disambut histeris warga Jembrana yang tidak pernah dikunjungi presiden dalam 33 tahun terakhir. Warga berebut ingin bersalaman dengan Jokowi. (I Putu Adi Budiastrawan/detikBali).
Jembrana - Antusiasme warga Jembrana menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak terbendung. Mereka rela menunggu berjam-jam lamanya, bahkan beberapa di antara yang menunggu nekat menerobos pengawalan demi bersalaman dengan orang nomor wahid di Indonesia tersebut.
Dari pantauan detikBali, Kamis (2/2/2023), ribuan warga berdiri di sepanjang jalur Denpasar-Gilimanuk yang akan dilewati Jokowi. Saat Jokowi keluar dari mobil, warga yang menunggu pun histeris. Mereka memanggil nama Jokowi yang dibalas dengan lambaian tangan.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu langsung meninjau pasar dan bercengkerama dengan para pedagang.

Seorang pedagang yang mendapatkan sembako, I Wayan Ruka (58), bercerita dengan wajah girang. Ia menunggu kehadiran Jokowi sejak pukul 13.00 hingga 17.10 Wita.

Ia mengaku senang karena dapat melihat langsung Jokowi saat turun dari mobil. "Saya sampai kehilangan sandal saat berdesakan menerobos masuk untuk melihat Bapak Jokowi," ujarnya.

Ia juga mengaku ditunjuk langsung oleh Jokowi untuk bersalaman dan mengabadikan foto. Saat hendak pergi, Jokowi memberikannya paket sembako, dan sebuah kaus berwarna hitam bertuliskan Jokowi.

"Saya menerobos pengawalan, dan ditunjuk oleh beliau (Jokowi). Saya juga dikasih sembako," kata Ruka.

Warga lainnya, Ni Nyoman Wentri (48) mengaku hendak bersalaman dengan Jokowi, namun karena berdesakan dan ramainya warga yang datang, sehingga ia hanya bisa melihat Jokowi dari kejauhan.

"Kurang beruntung saya. Jadi, hanya melihat dari jauh saja," papar Wentri lesu.

Kedatangan Jokowi sangat ditunggu warga setelah terakhir pada tahun 1989 presiden Soeharto datang ke Melaya meresmikan Bendungan Palasari. Karenanya, penantian 33 tahun ini tak disia-siakan warga Melaya dan Jembrana.

"Terakhir waktu tahun 90-an, saat presiden Soeharto ke Palasari," imbuh salah seorang pedagang di Pasar Melaya, Fikri.

Ia ingat betul saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), melakukan penyambutan di Palasari, desa Ekasari. Meskipun saat itu Soeharto naik helikopter. Di era sekarang, Jokowi datang menyapa masyarakat Melaya menggunakan mobil kenegaraan.

Walaupun, kedatangannya hanya kurang dari 30 menit. Pun demikian, kehadiran pemimpin bangsa menyapa rakyat di Bali Barat sangat berkesan.

Kedatangan Jokowi juga disambut oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan jajaran Forkopimda Jembrana di Pasar Melaya. Dia juga menyerahkan bantuan bantuan sembako sebanyak 246 paket dan 20 pedagang mendapatkan BLT.

Selanjutnya Presiden Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Sentra Tenun Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba tak ketinggalan mengaku bahagia dengan kedatangan Jokowi ke Gumi Makepung Jembrana, dan berharap dengan kedatangan presiden dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam menghadapi masa peralihan setelah pandemi COVID-19.

"Hari ini terjawab, masyarakat sangat bahagia melihat kedatangan presiden yang kita cintai, beliau juga sangat antusias untuk berfoto dan bersalaman dengan masyarakat," kata Tamba.

Tamba menambahkan Jembrana merupakan daerah paling ujung barat pulau Bali, sehingga belum mendapatkan banyak bagian dari Pariwisata Bali. "Kami Jembrana belum mendapat hiruk-pikuk pariwisata Bali. Dengan dukungan presiden, kami harapkan nantinya pariwisata Jembrana bangkit," paparnya.

Ia juga memohon dukungan Jokowi dalam mendukung pembangunan di Jembrana. Salah satunya Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi yang sudah groundbreaking. "Saya ingin menitipkan Kabupaten Jembrana kepada presiden," pungkas Tamba.

https://www.detik.com/bali/berita/d-...3-tahun-silam.

Jokowi Disambut, Para Pedagang Berebut Bersalaman hingga Ingin Sujud

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Kamis, 02 Feb 2023 17:22 WIB

Para pedagang di Pasar Anyar Singaraja menyambut Presiden Jokowi dengan riuh. Mereka bahkan berebut bersalaman dengan Jokowi, Kamis (2/2/2023). (Dok. Istimewa).
Buleleng - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut riuh oleh para pedagang di Pasar Anyar, Singaraja, dan warga Buleleng pada Kamis (2/2/2023). Bahkan, mereka berebutan untuk bersalaman dengan orang nomor wahid di Indonesia itu.

Salah satu pedagang di Pasar Anyar Singaraja, Abdul Kadir Muci (51), mengaku senang mendapatkan kunjungan dari Jokowi.

Ia sampai ingin bersujud di hadapan Presiden Jokowi kalau diperbolehkan. "Alhamdulilah, seandainnya bisa sujud syukur, sujud syukur saya pak, dikunjungi Pak Jokowi," ungkap Abdul Kadir.

Ia mengatakan Jokowi merupakan presiden pertama yang mengunjungi Pasar Anyar Singaraja. Kesenangannya bertambah ketika diberikan bantuan oleh Jokowi.

Ia berharap siapapun yang menggantikan Jokowi sebagai presiden bisa sebanding atau bahkan lebih baik lagi. "Ini pertama kali, seumur hidup baru kali ini dikunjungi bapak Jokowi," katanya.

"Terima kasih banyak pak Jokowi. Semoga pengganti pak Jokowi bisa lebih baik lagi," ujar pria penjual sate tersebut kepada wartawan.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar bernama Risma (40) menuturkan telah menunggu kedatangan Jokowi sejak pagi.

Ia pun senang bisa bertemu sekaligus mendapat satu lembar baju dari Jokowi. Baju tersebut dinilai sangat berharga dan tidak akan pernah dijual berapapun harganya.

"Tidak dijual biarpun satu juta tidak saya jual, saya nunggu berjam-jam di sini. Ketika pak Jokowi datang saya langsung lari mendekati mobil pak Jokowi. Akhirnya, dapat baju satu langsung diberikan dari mobil," kata Risma.

Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke Pasar Baturiti Tabanan. Kemudian bertolak ke Buleleng untuk meresmikan Shortcut Singaraja-Mengwi dan Bendungan Danu Kerti Buleleng.

Usai berkunjung ke Pasar Anyar Singaraja, Jokowi dijadwalkan melanjutkan agendanya ke Jembrana.

https://www.detik.com/bali/berita/d-...a-ingin-sujud.

Antusiasme masyarakat Buleleng menyambut kehadiran Jokowi setelah 3 dekade tak ada Presiden datang ke tempat mereka
raptordeltadunn
scorpiolama
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan