Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Ketahuan, Proses Pembuatan Mie di India Begitu Jorok, Beda di Indonesia

Sumber gambar

Mie instan biasa kita makan baik di rebus maupun digoreng menjadi makanan cepat saji banyak di minati semua kalangan. Karena rasanya yang enak serta diminati oleh orang Konghucu.

Bahan utama mie terbuat dari tepung yang diolah, dipadatkan serta dibuat memanjang serta terpotong seperti ular. Proses menjadi mie direbus dengan air panas agar mie yang mula dari tepung yang kaku dapat elastis serta tidak mudah patah saat dibungkus.

Mie bahan olahan setengah jadi menjadi mie yang jadi dapat kita jumpai diberbagai jajanan malam dipinggir jalan. Dengan rasa dan aroma yang enak dan bikin lapar seperti mie balap, mie instan, mie goreng, mie ayam, mie bakso, dan berbagai olahan mie lain dengan macam variasi dan warna.


Sumber gambar

Baru ini viral di media sosial akun Twitter bahwa terletak di negara India bahwa proses pembuatan mie tidak memenuhi standar higienis pabriknya.
Sehingga pabrik pembuatan mie tersebut terus buka dan memenuhi kebutuhan produksi mereka kepada konsumen yang membutuhkan setiap hari.

Ini membuat proses pembuatan mie itu jorok, coba deh ada alat produksi pembuatan mie, mulanya bahan tepung dimasukan dalam alat untuk digepeng. Tapi pegawainya tidak menggunakan alat khusus seperti pelindung diri, sarung tangan, masker, sarung kepala.

Bahkan proses pembuatan mie memiliki ruangan yang tidak tertutup oleh dan tidak higienis. Yah lantai kotor tidak bersih, ruangan tidak tertutup oleh sarana pendingin, yang membuat debu masuk, bahkan proses pembungkusan juga seperti biasa tidak menjaga standar mutu kebersihan mie yang akan di distribusi kepada pelanggan.

Bahkan proses perebusan mie agar mie tidak patah dan menjadi keriting begitu, alatnya jorok seperti kain lap hitam ditutup rapat serta tidak dicuci oleh pegawainya. Hal ini membuat kualitas mie menjadi tidak bersih.


Sumber gambar

Kalau ane bahas Indonesia pabrik mie di Indonesia tergolong higienis. Karena pabrik itu memiliki standar kualitas. Pakai seragam, sarung tangan, yang sudah direbus, ditumpuk sehingga tidak menjijikan.

Dimana letak mie saat ditumpuk sangat baik, dialas oleh terpal atau alas yang sangat bersih sehingga mie itu tetap bersih, higienis walaupun berada pada pabrik mie tradisional.

Selain itu proses perebusan serta pengangkatan mie di Indonesia sendiri juga harus mencuci tangan dan memakai pakaian yang bersih walaupun berada di pabrik mie tradisional.

Bahkan kebersihan alat produksi di Indonesia selalu terjaga, ada tempat penampungan mie sebelum dibungkus rutin dibersihkan. Bahkan proses mie itu juga memperhatikan kadar air, suhu air dan kualitas air saat mie direbus.


Sumber gambar

Namun berdasarkan pendapat ane terkait mie di India itu perlu diperbaiki ya. Apalagi videonya viral di media bahwa prosesnya tidak baik. Saat disajikan oleh masyarakat mereka juga tidak jijik begitu ya. Kalau di Indonesia pasti sudah dibuang kalau ada olahan mie seperti di India, sudah pasti dibuang ya.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Narasi: Opini
wiwitoye
wetp794239
bukan.bomat
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.7K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan