rendhitya17Avatar border
TS
rendhitya17
Roti Expired Aman Dikonsumsi ? Lakukan Tips Ini Agar Roti Menjadi Lebih Awet
Agan semua sering mengonsumsi roti tawar sebagai menu asupan karbohidrat sehari-hari ? Pasti kalian sudah mengenal bahwa roti hanya memiliki masa simpan yang cukup singkat akibat kandungan air yang cukup tinggi. Alhasil, sering terjadi pembuangan roti yang tidak layak untuk konsumsi padahal jumlahnya terbilang cukup banyak. Perlu diketahui tindakan ini tidak patut untuk dilakukan karena membuang makanan secara sia-sia (mubadzir) serta dapat merusak lingkungan sekitar ( food waste ).

Mengatasi hal ini, kita sebagai konsumen roti perlu mengetahui cara penyimpanan roti agar dapat bertahan dengan lama. Lalu apakah roti yang telah expired masih aman untuk dikonsumsi ? Apabila, kalian menyimpan roti dengan tepat sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan mikroorganisme  penyebab jamur. Sehingga roti yang telah expired namun tidak terdapat kerusakan secara fisik dan kimia hal tersebut masih aman untuk dikonsumsi. 

Kira-kira bagaimana ya cara menyimpan roti agar lebih awet ? Lakukan hal di bawah ini agar tidak membuang roti secara percuma lagi. 

Tips Menyimpan Roti Agar Lebih Awet 



1.Simpan roti tawar dalam kantong plastik atau kantong roti yang dapat menyegel udara. Ini akan mencegah roti tawar menjadi kering dan keras. Selain itu juga dapat mengurangi kontak mikroorganisme. Akan tetapi menyimpan dalam kantong hanya dapat mencegah dalam waktu singkat.

2. Simpan roti tawar di dalam Freezer. Suhu dingin akan memperlambat proses pembusukan roti tawar. Penyimpanan ini dapat menjaga roti tawar menjadi lebih lama hingga berbulan-bulan. Akan tetapi hasil roti akan menjadi lebih kering dan keras. kamu dapat mendiamkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 


3.Jangan simpan roti tawar di tempat yang terkena cahaya matahari atau di tempat yang terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi akan mempercepat proses pembusukan roti tawar.


4.Jangan menyimpan roti tawar di dekat makanan yang berbau kuat. Bau yang kuat dapat menyebar ke roti tawar dan merusak rasanya.

5.Jika Anda ingin menggunakan roti tawar yang sudah lama disimpan, Anda dapat menghangatkannya di dalam oven atau di dalam microwave selama beberapa saat. Ini akan membuat roti tawar menjadi lembut kembali.

Dampak Konsumsi Roti Berjamur 



Apabila tidak sengaja mengonsumsi roti tawar yang telah kontaminasi dengan jamur. Apa yang harus dilakukan ? Apa dampak pada kesehatan tubuh ?

Mengonsumsi makanan yang telah berubah secara fisik dan kimiawi seperti berjamur dapat menyebabkan resiko infeksi pada saluran penceranaan. Hal yang dapat terjadi seperti diare, mual, demam, nyeri perut.

Untuk mengatasi ini, cara terbaik adalah mengonsumsi tablet karbon aktif guna mengikat racun yang terdapat pada pencernaan dan membuangnya lewat hasil eksresi. Selain itu Anda dapat membantu menormalisasi kondisi saluran cerna dengan konsumsi probiotik misalnya pada yogurt atau minuman probiotik. Apabila terjadi gejala berlebih segera hubungi dan kunjungi dokter agar dapat diatasi dengan segera. 

Sumber : 
https://www.alodokter.com/komunitas/...an-roti-expire
https://hicookofficial.com/cara-meny...an-roti-tawar/



sc5
nisemono
honinbo
honinbo dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan