harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Potret Kehidupan Di Negara Termiskin Di Dunia, Beruntung Tinggal Di Indonesia!

Sumber Gambar

Semua orang tentunya ingin tinggal di tempat yang kaya dan sejahtera. Jika ditanya mana negara terkaya di dunia, rata-rata pasti akan menyebut nama-nama negara di timur tengah. Sebut saja negara seperti Qatar, Kuwait hingga Uni Emirat Arab.

DI Indonesia, kita masih beruntung dan bisa hidup dengan tenang. Walau kadang-kadang banyak hal tak terduga terjadi, setidaknya negara kita lebih beruntung ketimbang negara yang satu ini. Negara yang disebut-sebut sebagai negara termiskin di dunia.

Namanya Burundi. Pernah dengar negara ini? Negara bekas jajahan Belgia yang merdeka pada tahun 1962. Letaknya berada di timur Afrika, tapi agak ke tengah sedikit. Dengan ibukota di Gitega dan bertetangga dengan negara Rwanda di utara.


Sumber Gambar

Burundi sendiri sebenarnya memiliki wilayah yang cukup jauh dari kawasan Afrika yang gersang seperti Ethiopia, Sudan dan Somalia. Di mana air bersih saja susah di sana. Di mana tingkat kelaparan begitu tinggi. Burundi ada di tanah Afrika yang bisa dibilang subur dan cocok ditanami berbagai komoditi seperti kopi contohnya. Lantas mengapa Burundi malah jadi negara termiskin di dunia.

Handphone dan internet menjadi sesuatu yang mewah di sana. Bahkan hanya 13 persen dari total penduduk Burundi yang memiliki akses internet.

Salah satu penyebabnya karena adanya perang antar etnis yang masih kerap terjadi di sana. Kemudian mereka juga mengalami kelangkaan pangan akibat kurangnya kemampuan warga serta pemerintah di sana dalam mengelola tanah mereka yang subur.


Sumber Gambar

Pengetahuan masyarakat Burundi hanya terbatas di satu jenis tanaman saja. Sehingga membuat tanah Burundi tidak dimanfaatkan secara maksimal. Fasilitas di negara ini pun terbilang tidak memadai. Pendidikan, kesehatan hingga sanitasi air di negara ini cukup buruk.

Pendidikan menjadi salah satu aspek terburuk dari negara ini. Di mana anak-anak lebih suka bekerja daripada bersekolah. Ditambah dengan tingginya pernikahan dini dan tingginya angka kelahiran di Burundi juga menjadi salah satu penyebab. Angka kematian ibu melahirkan dan bayi di negara ini juga cukup tinggi.

Tapi menurut TS, kemungkinan perang antar etnis yang terus-menerus jadi salah satu penyebab besarnya. Di mana para warganya saja tidak bersatu dan saling terpecah. Bagaimana negara ingin maju jika negaranya terpecah belah seperti ini?


Sumber Gambar

Tapi di balik semua penyebab itu, tentu yang paling berpengaruh adalah pemerintahnya. Entah bagaimana pemerintah di sana. Tapi seharusnya pemerintah bertanggung jawab atas kesejahteraan warganya.

Geografi Burundi sendiri terkurung daratan. Negara ini tidak memiliki akses laut sama seperti Laos dan Republik Ceko. Pendapatan negara Burundi per tahunnya saja hanya USD270 atau sekitar Rp. 3,9 juta. Cukup rendah untuk pendapatan sebuah negara.

Apa yang terjadi pada Burundi harus menjadi pelajaran bagi kita. Banyak hal yang bisa diambil. Seperti untuk tida terpecah belah, kesadaran akan pendidikan dan masih banyak lagi. Apalagi beberapa hal di Burundi juga ada yang terjadi di Indonesia.


Sumber Gambar

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Sumber Gambar

emoticon-Bingung

Gimana gan? Tertarik liburan ke Burundi?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
muhamad.hanif.2
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
8.8K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan