harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Sumber Gambar

Penyakit jantung selama ini identik dengan orang tua atau lanjut usia. Nyatanya, ancaman dari serangan jantung juga bisa menyasar anak muda seperti TS ini contohnya. Ancaman serangan jantung begitu nyata, tapi sayang terkadang luput dari perhatian anak muda.

Padahal, penyakit ini bisa dibilang salah satu penyakit yang mematikan. Bisa menyebabkan kematian mendadak yang tidak disangka-sangka. Untuk itu, sebagai anak muda kita harus lebih memperhatikan lagi kebiasaan yang menyebabkan serangan jantung. Dan harus lebih menerapkan gaya hidup.

Berikut ini TS jabarkan beberapa kebiasaan yang menyebabkan serangan jantung di usia muda!emoticon-Ngacir



1. Makanan Tidak Sehat


Sumber Gambar

Kadang kita makan makanan sembarangan dan tidak memikirkan kesehatan. Sering makan makanan berkolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung. Zat seperti kolesterol dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan mengeras. Akibatnya, aliran darah ke jantung jadi tersumbat dan terjadilah serangan jantung itu.

Makanan cepat saji atau junk food jadi salah satu yang menyebabkan kolesterol tinggi. Lalu jeroan dan goreng-gorengan juga berpengaruh. Jadi, kalau bisa jangan terlalu sering dan imbangi dengan makanan sehat lainnya.

2. Stres


Sumber Gambar

Masih muda mikirin apa sih kawan? Santai sajalah. Jangan overthinking mulu. Apalagi sampai stres, bisa jadi penyebab serangan jantung lho! Keadaan stres yang kronis dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh kita. Jika tekanan darah terlalu tinggi dan didiamkan begitu saja dapat menyebabkan serangan jantung.

Jadi, jangan stress-streslah. Kalau memang harus healing, ya silakan healing demi kesehatan jiwa dan raga kita. Ada benarnya juga kalau penyakit kadang datang dari diri sendiri. Makanya jangan stress!

3. Minum Alkohol Berlebihan


Sumber Gambar

Alkohol juga jadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung di usia muda. Itulah mengapa sebaiknya minuman ini dihindari saja. Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang memicu serangan jantung hingga kerusakan pada pembuluh arteri seiring berjalannya waktu.

Kurang-kurangi atau kalau bisa stop deh minum minuman beralkohol. Minum minuman yang bermanfaat saja bagi kesehatan seperti susu.

4. Kurang Gerak


Sumber Gambar

Mana nih yang hobi rebahan seharian? Hal ini juga bisa sebabkan serangan jantung lho! Saat tubuh tidak aktif bergerak, maka lemak pun tidak bisa dikonversi menjadi energy. Alhasil, terjadilah lonjakan lemak dan kolesterol jahat yang menumpuk di dinding pembuluh darah jantung. Minimal lakukanlah aktivitas fisik 60 menit dalam sehari.

Pikir aja sendiri, banyak makan tapi malas bergerak. Lalu lemak-lemak yang harusnya jadi energy jadi tidak terpakai dan malah menumpuk. Apalagi yang seharian malas gerak karena kecenderungan dengan gadget.

5. Begadang


Sumber Gambar

Begadang apalagi sampai kurang tidur juga berdampak bagi kesehatan jantung. Begadang dapat memicu penumpukan kalsium di pembuluh darah. Kalsium yang menumpuk lama-kelamaan bisa menjadiplak yang bisa terlepas lalu menyumbat pembuluh darah ke jantung dan otak.

Organ tubuh kita juga butuh istirahat, salah satunya jantung. Jadi lebih baik sempatkan waktu untuk tidur. Selain serangan jantung, begadang juga bisa sebabkan stroke.

emoticon-Takut

Ya itulah sekilas yang bisa TS bagikan untuk kita semua. Bagi yang merasa kerap melakukan kebiasaan di atas lebih baik berubah dari sekarang. Termasuk TS yang kadang kalau sudah di rumah bisa malas-malasan dan jarang gerak. Olahraga kardio bisa jadi salah satu cara untuk menangkal resiko serangan jantung.

emoticon-2 Jempol

Gimana gan? Kalian merasa melakukan kebiasaan di atas? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
adrianrazak7161
atinq13
screamo37
screamo37 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
8.6K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan