harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Mengapa Banyak Orang Yang Membela Lukas Enembe?

Sumber Gambar

Lukas Enembe adalah salah satu gubernur yang sempat menjabat sebagai gubernur Papua. Dan yang seperti kita ketahui, Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka sejak September 2022 lalu. Akan tetapi, pada bulan November Lukas Enembe dikabarkan sakit dan kesehatannya memburuk. Sampai akhirnya pemeriksaan KPK pun dihentikan sementara.

Selain faktor kesehatan yang memburuk, ada faktor lain yang membuat penangkapan Lukas Enembe ini bisa dibilang agak terkendala. Yaitu adanya penolakan dari massa pendukung Lukas Enembe beserta dengan kerabatnya.

Sejak awal Lukas ingin ditangkap KPK, banyak dari para pendukung Lukas Enembe yang menghalang-halangi. Hingga saat ini Lukas Enembe sudah diamankan pun, masih banyak pendukung yang membela Lukas Enembe bahkan sampai ada yang terkena tembakan aparat.


Sumber Gambar

Kericuhan juga sempat terjadi di Bandara Sentani, Jayapura. Sempat juga terjadi kerusuhan di depan Mako Brimob Polda Papua. Mereka terus memberikan penolakan terhadap ditangkapnya Lukas Enembe yang cukup mereka kagumi mungkin.

Lantas mengapa begitu banyak orang yang membela Lukas Enembe padahal orang ini sudah terbukti melakukan korupsi?

Yang notabene korupsi ini merugikan rakyat termasuk mereka. Orang ini jelas mengkhianati rakyat termasuk mereka. Ada banyak anak tak mendapat pendidikan layak, mungkin juga ada pembangunan mangkrak dan segala hal yang bobrok akibat korupsi lalu mereka malah membela pelakunya? It’s a big jokes! This country is full of shit.


Sumber Gambar

Hal ini sebenarnya sama saja dengan yang terjadi di kasus Mas Bechi kalau kalian ingat. Di mana para santri menghalang-halangi pelaku pencabulan yang mereka anggap sebagai guru di pondok pesantren. Intinya karena fanatisme.

Ada semacam ikatan kekeluargaan, mungkin dari suku, ras dan agama yang membuat sebagian pendukung Lukas Enembe di Papua membela pelaku korupsi tersebut. Mereka tidak rela figure panutan mereka ditangkap dan diadili di penjara.

Apalagi bagi para pendukung setia di partai, mereka akan menganggap bahwa ini hanyalah jebakan dari lawan politik supaya Enembe ditangkap. Bagi yang sudah setia sekali dengan Enembe, sangat mudah dikompori dan diprovokasi.


Sumber Gambar

Apalagi yang mungkin dulunya pernah merasakan langsung bagaimana baik dan ramahnya Lukas Enembe, tentu tidak mudah bagi mereka untuk menerima bahwa sosok idola mereka ditangkap polisi. Hal itu bisa saja terjadi.

TS juga salah satu orang yang menaruh harapan dengan Lukas Enembe. Karena kalau bukan dia, siapa lagi yang mau bersuara mengenai kebutuhan dan kepentingan di Papua sana.

Sekagum dan sesuka apapun kita dengan orang. Siapa pun itu, kalau sudah salah ya salah. Kalau dibilang percaya atau tidak, benar atau tidak ya tidak tahu. Tapi untuk sementara karena statusnya tersangka, kita ikuti saja proses hukum yang berjalan.

Apabila kita malah membela, apa bedanya kita dengan dia? Kita jadi ikut salah bahkan bisa ikut dipidana karena menghalangi proses hukum.

emoticon-2 Jempol

Sekarang kita tunggu lapas menambah jumlah koleksi koruptor mereka. Hehe.

Gimana gan? Kamu pendukung Lukas Enembe bukan?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 12-01-2023 21:32
sousil
Nikita41
bigjerro
bigjerro dan 29 lainnya memberi reputasi
26
12.9K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan