Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dapat Tidur Pulas Selama 3 Tahun, Ini Dia Sekilas Fakta Unik Tentang Kehidupan Siput
Sangat unik dan tidak masuk akal, ini dia sekilas fakta tentang kehidupan siput yang bisa bertahan tidur selama 3 tahun


Siput atau keong, adalah hewan bertubuh lunak atau yang lebih akrab disebut Moluska Gastropoda (hewan berkaki perut). Hewan yang satu ini bukan hanya terkenal karena bertubuh lunak atau tumbuh dan hidup dengan membawa rumahnya (cangkang) kemanapun mereka pergi, melainkan juga terkenal karena kelambatannya dalam berjalan sebab menurut beberapa penelitian memang siput hanya mampu berjalan dengan kecepatan 0,048 km/jam untuk jenis siput kebun.

Jika Agan dan Sista mengidentikkan siput sebagai hewan bercangkang tentu ini tidak sepenuhnya benar GanSis. Tidak semua siput hidup dan tinggal di dalam cangkang melainkan ada juga jenis siput yang tidak tinggal di dalam cangkang dimana oleh masyarakat Jawa disebut dengan nama "Resrespo".

Perlu Agan dan Sista ketahui, Kelas Gastropoda ternyata adalah urutan kedua spesies terbanyak di dunia setelah Serangga atau Insecta. Sejauh ini menurut data-data yang ada, terdapat kurang lebih 100 ribu jenis siput yang masih hidup di dunia dan kurang lebih ada 50 ribu jenis yang sudah menjadi fosil.

Membahas tentang fakta-fakta unik dan menarik dari hewan siput, ternyata asa fakta lain yang lebih menarik dari yang sudah disebutkan di atas GanSis.

Hewan yang satu ini ternyata bukan hanya terkenal karena jalannya yang lambat melainkan juga terkenal karena kemalasannya dengan merujuk pasa fakta berikut.




Menurut beberapa artikel yang TS baca, siput merupakan jenis hewan hemafrodit, yaitu hewan yang memiliki jenis kelamin jantan dan betina.

Dilansir dari Arizonapetvet, diketahui fakta bahwa ternyata ada beberapa jenis siput darat tertentu yang dapat tidur selama 3 tahun atau lebih sering disebut dengan tidur panjang hibernasi dan estivasi.

Adapun siput ini dapat tidur panjang selama tiga tahun tentu karena alasan atau faktor-faktor tertentu GanSis, salah satunya yaitu karena siput membutuhkan tempat tinggal yang lembab sehingga mereka akan memutuskan untuk tidur panjang jika cuaca tidak mendukungnya untuk hidup.

Tidur panjangnya siput ini bergantung dengan kondisi geografis suatu tempat GanSis. Seekor siput akan memutuskan untuk hibernasi (tidur panjang musim dingin) ketika datang musim dingin, atau akan melakukan estivasi (tidur panjang musim panas) saat memang telah datang musim panas.

Saat siput melakukan hibernasi atau estivasi, mereka akan melumuri tubuhnya menggunakan lendir untuk melindungi diri. Waktu tiga tahun adalah waktu terlama siput dapat tertidur karena tidak semua hibernasi atau estivasi siput selalu selama 3 tahun melainkan bisa kurang dari waktu tersebut.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang fakta menarik dari siput yang mungkin Agan Sista belum ketahui sebelumnya.

Ternyata di dunia ini banyak fakta-fakta unik dan menarik dari setiap hewan, tumbuhan, atau bahkan manusia yang menunjukkan tentang kebesaran dan kuasa Tuhan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil bersama.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
hallowwolf94
10mountainflat
andreanadinata
andreanadinata dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan