Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sarisonnAvatar border
TS
sarisonn
NYASAR SAMPE DEMAK HINGGA NERJANG BANJIR DI RUAS JALAN PANTURA SEMARANG
Seperti yang kalian ketahui di berita-bertia TV dan sosial media, tanggal 31 Desember kemarin kota Semarang diguyur hujan yang intensitasnya cukup deras dan berlangsung semalam suntuk. Makanya di ruas-ruas jalan terjadi banjir bahkan banjir meluas hingga kawasan yang seumur-umur gak pernah terjadi banjir. So here is my story...


----------


Hari itu Rabu malam, itu artinya 4 hari pasca hujan lebat yang melanda kota Semarang hingga mengakibatkan banjir dan banjir sih udah pada surut pada waktu itu tapi di ruas jalan tertentu masih tergenang banjir khsususnya di daerah pesisir dan pada saat itu aku mau pulang dari kediaman seorang teman yang beralamat di Semarang Utara.

Nah, waktu itu aku naik Ebit, motor kesayanganku... Honda Beat, anyway

aku berangkat jam 7 malam dan menempuh jarak sejauh 30 km untuk sampai di rumah dia. Sekedar temu kangen aja sih, menjalin silaturahmi karena memang kami sudah tidak pernah bertemu sejak dia pindah setahun yang lalu.

Aku 
pulang sekitar jam 10 malam tuh... seperti biasa setiap kali habis main gak langsung pulang. Jalan-jalan dulu kitaa...motoran sih lebih tepatnya....nyusurin jalan aja gituu,


Jalan, jalan, jalan kok kayak makin jauh dan sama sekali gak tau ini di daerah mana... 


Di kondisi seperti ini tentu aku memilih untuk berhenti, aku sein kiri lalu meghentikan laju motor ke bahu jalan untuk buka Maps. Berdasarkan peta jalur ini bisa tembus di jalan raya yang mengarah ke Pasar Johar masih lega tuh, ternyata masih di Semarang aja gak sampe ke mana-mana.. trus gak lama dari situ aku memutuskan untuk jalan lagi menyusuri jalanan yang semakin sepi. Untungnya gak ada begal, setan, maupun setan berbentuk begal.


[Jam 23:30]

Waktu itu aku masih inget banget, aku nyusurin jalan tu lamaaaaaaaaaaaaaaa banget sampe ketemu persimpangan yang dimana di persimpangan itu tu cuma ada truk sama bus semua dan ada beberapa mobil. Motor cuma ada 3 kalo gak salah termasuk aku... Nah, harusnya di persimpangan itu tu aku belok kiri nah ini aku belok kanan.. 

Jalan kan tu, jalan, jalan, jalan tau-tau ada kayak gapura gitu, gede ada tulisannya "Selamat Datang di Kota Demak"

"Wanjir kenapa sampe Demak.. Wah ini pasti salah arah nih", sambil ngedumel gitu aku langsung liat spion dan nge-sein kanan buat ambil lajur paling kanan biar kalo nemu U-Turn (rambu-rambu putar arah) bisa langsung muter karena kalo mau ke Kota itu bukan ke arah sini.

Setau aku ini arah ke luar kota.. karena Demak sendiri ini udah masuk ke kota lain, bukan Semarang lagi.. setauku sih kalo ngikutin jalan raya ini bisa sampe Demak, Kudus, Pati, Jepara bahkan bisa sampe ke Jawa Timur.

Setelah nemu U-Turn aku pun berbalik arah, rambu-rambunya tu ada di depan kayak pabrik gitu.. gak tau pabrik apa, nah disini aku gak buka Maps cuma ngikutin arah petunjuk jalanaja.

Setelah jalan kurang lebih setengah jam sampailah aku di daerah Genuk dan you know what?

B a n j i r

gak tinggi sih, cuman makin ke sana aku ngerasa...kok makin tinggi...yang tadinya kaki gak kena air jadi kerendem dong. Mana yang dari arah berlawanan ada orang dorong motor pula, aku jadi panik sekaligus takut... Takut kalo tiba-tiba motorku mogok.

[FYI] Banjir di sepanjang ruas jalan sini ini memang sering kali terjadi apalagi kalau curah hujannya terlalu tinggi. Selokan yang gak mampu menampung debit air mungkin jadi penyebabnya. Ditambah di kawasan sini sering terkena banjir rob.

Dan gak tau deh, itu banjir hujan atau banjir rob.

Dalam kalbu aku bicara "Anjir ini banjir nyampe manaa lagi ni....tar kalo makin ke sana makin dalem gimanaa" sumpah waktu itu deg-degan banget. Bayangin aja nerjang banjir malem-malem pake motor depan-belakang-kanan-kiri truk semua... sampe gak kerasa aku nangis sambil ngedumel "Ya Allah, iki piye kii..."

Itu.... yang aku lihat cuma air, beberapa truk dan 3 motor termasuk aku yang saling beriringan nerjang itu banjir..

Buat orang yang sering lalu-lalang di daerah sana mungkin itu hal biasa tapi enggak buat aku dan saking takutnya aku, sampe gemeter semua dari tangan sampe kaki, pikiran udah ke mana-mana tapi tetep berusaha fokus ngegas kendaraan (karena katanya kalo sampe lepas gas apalagi sampe berhenti motor bisa mogok) dan setelah kurang lebih 20 menitan banjirpun terlewati. 

Aku lega tapi masih dalam kondisi tremor. Jantung juga masih dag dig dug der. Udah gitu aku masih sempet mikir, di depan ada yang banjir lagi gak ya...padahal udah takut banget walaupun udah ngelewatin banjirnya..

Kecepatan kendaraan aku kurangi demi menenangkan diri sambil terus beristighfar.

Gila, baru kali ini ngerasain nerjang banjir di kawasan yang memang terkenal rawan banjir. Selama ini cuma bisa nonton berita di TV, liat orang pada dorongin motor dan kali ini ngalamin langsung, ya walaupun akhirnya selamat baik motor maupun aku nya.

"Ya Allah, tahan ya Bit... mudah-mudahan gak kena banjir lagi" kata aku dalam kalbu, dan bener aja beberapa kilometer berjalan udah gak ada lagi banjir, paling cuma genangan, bukan kenangan yaaa... g e n a n g a n . Oke, lanjuttt...
...paling cuma genangan-genangan yang mungkin aja itu sisa-sisa banjir.

Lalu sampailah aku di kawasan yang aku kenal banget... Persimpangan Kaligawe. "Alhamdulillah..." ucapku dalah kalbu.

Nyampe sini udah aman lah, aku hafal jalan pulang dari sini.... dan kali ini aku lega bukan main. Ebit masih ku geber melintasi jalanan yang udah mulai sepi. Kulihat beberapa ratus meter ke depan ada tiang-tiang lampu yang khas...Kota Lama...


[Jam 01:15]

Ya, sampailah aku di kawasan Kota Lama aku pun mencari spot parkir dan markirin si Ebit lalu pergi cari tempat duduk yang gak terlalu ramai orang. Aku duduk di dekat taman yang gak jauh dari parkiran motor. Aku duduk sambil minum kopi yang aku beli pas tadi di jalan.. Oh iya, selama nyasar tadi aku sempet mampir Indomerit buat pipis sambil beli Kopi Kenangan. Kuminum kopi kenangan itu sembari mengenang betapa gilanya pengalaman malam itu... Nerjang banjir pake motor malem-malem sendirian.

[Fast forward] Gak kerasa jam menunjukkan pukul 01:45, aku pun mulai tenang, detak jatung udah normal, tremor pun udah gak aku rasakan. Aku segera ambil si Ebit dari parkiran dan melajukannya ke jalanan yang mengarah ke rumahku dan Alhamdulillah sampai di rumah dengan selamat dan pas baru aja masuk rumah hujan kembali mengguyur kota Semarang.

Sampai thread ini diposting pun tiap kali aku lihat genangan di jalan langsung inget deg-degannya pas lagi nerjang banjir malam kemarin...

Quote:




---------- S E K I A N ----------

Diubah oleh sarisonn 05-01-2023 17:42
bukhorigan
rudianm
rinandya
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3
956
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan