iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Alasannya, Kenapa Teller Atau Kasir Bank Letaknya Selalu Di Lantai 2?


Pernahkah kamu mengamati sebuah bank yang memiliki konsep desain interior dan konsep kerja karyawannya menempatkan para teller atau kasir selalu dilantai 2? Bank dominan berwana biru misalnya, meskipun berupa cabang kecil pun umumnya mereka menerapkan konsep yang sama?

Awalnya saya cukup resah karena jika sedang terburu-buru atau kondisi badan lagi kurang fit harus jalan menaiki tangga atau lift dulu ke lantai 2. Tapi setelah saya fikir-fikir ternyata mereka memiliki alasan yang kuat, demi keamanan, yes, prioritas kenyamanan dalam pelayanan dan keamanan internal menjadi 2 alasan utama. Setidaknya ini analisa atau pengamatan ngawur saya, bisa kamu patahkan.

Sederhananya adalah jika bagian admin berada dibawah tentu kan 'tidak ada uangnya', sedangkan teller atau kasir selalu berurusan dengan uang, dimana disini rentan sekali terhadap perampokan, misalnya. Maka dengan mendesain lokasi teller atau kasir berada di lantai 2 akan menyulitkan perampok saat melancarkan aksinya.



Coba saja bayangkan, hanya perampok konyol bin tolol saja yang melakukan aksi nekatnya: merampok bank dengan step yang amat panjang. Pertama menaruh kendaraan di parkiran dulu, jalan bertemu sekuriti dan ditanya tujuannya apa, melewati depan beberapa meja karyawan hanya untuk kepojok jalan menaiki tangga yang berbelok atau ikut mengantri naik lift, bertemu office boy dan ditanya maksud dan tujuan si perampok, perampok berpura-pura mengisi kertas setoran atau input digital, barulah perampok beraksi. Berhasil atau tidaknya perampok pun akan sulit kabur karena pintu lantai 1 mungkin sudah tertutup otomatis.

Melihat prosesnya saja mudah kita bayangkan, sangat ribet atau sangat tidak efesien untuk dirampok. Berbeda jika posisi teller atau kasir yang letaknya di lantai 1 tentu proses kerja perampok akan lebih singkat. Parkir kendaraan atau temannya menunggu diluar, pelaku masuk langsung mengalahkan sekuriti lalu beraksi. Disini letak rawan bagi pegawai teller atau kasir, tapi setidaknya pihak sekuriti dan sistem keamanannya memiliki kekuatan lebih?



Hm, jadi konsep memposisikan ruang teller atau kasir dilantai 2 memang paling aman dan sangat beralasan. Meski kadang cukup merepotkan bagi nasabah karena berkesan tidak praktis. Tapi kalau melihat manfaat dan tujuannya ternyata memang demi kebaikan bersama dan keselamatan uang kita karena tindakan kriminal. Gimana menurutmu, gan?




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

provocator3301
redvelvet666
screamo37
screamo37 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan