Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Fakta Menarik, 6000 Gigi Hiu Copot Dalam 1 Tahun dan Tumbuh Hanya Dalam Waktu 24 Jam
Sangat aneh dan menarik untuk diketahui, seekor hiu copot 6000 gigi setahun dan tumbuh gigi dalam waktu satu hari


Hiu, Agan Sista pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang memiliki tubuh ramping dengan kerangka tulang rawan lengkap yang terkenal buas dan berbahaya ini.

Hiu merupakan hewan predator laut yang menduduki puncak rantai makanan di laut. Memiliki kurang lebih 400 jenis di bumi dan di Indonesia sendiri terdapat 117 jenis hiu.

Jika Agan dan Sista sering melihat ikan hiu dengan tubuh yang besar, ternyata tidak semua hiu memiliki tubuh yang besar GanSis. Ada beberapa jenis ikan hiu yang memiliki tubuh kecil di antaranya ada hiu katal pigmi, dan juga hiu lentera kerdil.

Selain ada fakta unik terkait ukuran ikan hiu yang ternyata tidak semuanya bertubuh besar, ada fakta menarik lainnya yang berkaitan dengan anatomi tubuh ikan hiu GanSis, yaitu terkait tanggal dan tumbuhnya gigi ikan hiu yang sangat berbeda dengan jenis-jenis hewan laut atau hewan darat yang lainnya.




Siapa sangka hewan yang terkenal sebagai predator dan sangat buas dengan gigi-gigi besar dan tajam sehingga dapat merobek mangsanya dengan cepat tersebut, ternyata mengalami tanggal atau copot gigi sebanyak 6 ribu gigi setiap tahunnya, dan diperkirakan 35 ribu sampai dengan 50 ribu gigi terlepas sepanjang hidupnya tergantung dengan jenisnya.

Meskipun gigi hiu lepas dalam jumlah ribuan setiap tahunnya, apakah Agan Sista pernah melihat ada hiu yang ompong?

Benar, tidak ada hiu yang mengalami ompong gigi karena meskipun setiap tahun 6 ribu gigi terlepas ternyata hiu hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk giginya dapat kembali tumbuh seperti semula.

Gigi hiu tumbuh dalam belasan sampai puluhan baris, dimana setiap baris terdiri atas beberapa gigi. Salah satu hiu yang memiliki jumlah baris gigi paling banyak adalah hiu banteng, dimana hiu banteng memiliki 50 baris gigi dam setiap barisnya terdiri atas tujuh gigi seri, sehingga memiliki total gigi kurang lebih 350 gigi.

Gigi-gigi hiu yang terlihat besar dan tajam ternyata tidak sekuat yang Agan Sista bayangkan. Ini terjadi karena gigi hiu tidak memiliki akar sebagaimana gigi manusia, sehingga gigi hiu dapat terlepas saat digunakan untuk memangsa buruannya.

Terlepasnya gigi hiu tersebut akan segera tergantikan dengan gigi baru, yang hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk tumbuh dan kembali dapat untuk digunakan.




Berikut tadi GanSis sekilas fakta menarik tentang tanggal dan tumbuhnya gigi ikan hiu.

Tentu fakta ini benar-benar sangat menarik karena mungkin Agan Sista sebelumnya berpikir bahwa gigi hiu sangat kuat dan tidak mengalami tanggal atau copot.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
gErOnImO2008
lupis.manis
indrastrid
indrastrid dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan