Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Pesantren Kiai Cabuli Santri di Jember Ilegal, Tidak Terdaftar di Kemenag
Liputan6.com, Jember - Pondok Pesantren yang dipimpin MFH, kiai di Jember yang dilaporkan istrinya telah merudapaksa sejumlah santri, belum terdaftar resmi di Kementerian Agama (Kemenag) Jember. Pesantren di Kecamatan Ajung Jember itu dinyatakan ilegal.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama (Kemenag) Jember Edy Sucipto menyatakan, pihaknya baru mendengar nama ponpes tersebut, setelah mencuat kasus dugaan pencabulan yang viral di media massa.

“Saya baru dengar ini, itupun dengarnya dari berita-berita yang ada karena mencuatnya kasus itu," ujar Edy, Kamis (12/1/2023).

Kemenag telah melakukan pengencekan terkait surat izin yang masuk sejak 2021 hingga 2022 dan ternyata tidak diketemukan.

“Sudah saya cek perizinan mulai 2021 hingga 2022 Desember juga tidak diketemukan nama ponpes itu,” tambahnya.

Kemenag Jember juga melakukan pengecekan melalui sistem informasi Perizinan Pondok Pesantren (Sitren) akan tetapi juga tidak ditemukan ponpes tersebut.

“Sesuai aturan ketika ada ponpes atau yayasan yang sudah menerima murid namun belum miliki izin bisa dikatagorikan illegal. Karena memang tidak memiliki izin,” paparnya.

Menurut Edy, Kemenag Jember juga sempat melakukan pemantauan terkait Ponpes di Manggaran dan memang ditemukan bahwa Ponpes tersebut telah memiliki santri yang mencapai sekitar 40 orang santri.

“Ada puluhan santri ketika kita berkunjung ke sana. Seharusnya mereka izin operasional pondok pesantren, tapi mereka tidak memiliki,” tambahnya.

https://m.liputan6.com/surabaya/read...ar-di-kemenag?
.bindexee.
maroonia
Proloque
Proloque dan 11 lainnya memberi reputasi
10
1.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan