elviciAvatar border
TS
elvici
Seorang Minimalis Tidak Membiarkan 9 Benda Ini Berada di Dapurnya
tentang merapikan dapur minimalis, decluttering, singkirkan barang tidak berguna



Kamu mungkin berpikir bahwa kamu seorang yang rapi dan terorganisir, tetapi mungkin seorang yang bergaya hidup minimalis masih harus merasa bersalah karena menyimpan barang-barang ini di dapurnya. Jika kamu salah seorang yang tertarik dengan gaya hidup minimalis, perhatikan barang-barang tidak berguna yang perlu kamu singkirkan dari dapurmu.

1. Wadah sampah



Mengawali hidup gaya minimalis, memang sulit untuk mengetahui apa yang perlu disimpan, dan apa yang harus dibuang. Kamu tahu semua tentang cara membersihkan dapurmu, dan bahkan ide pernak-pernik pantry yang rapi— tetapi kemungkinan besar, masih ada barang dan makanan yang tidak boleh kamu simpan di dapurmu. Mari kita mulai dengan memilih dan memilah sampah dan limbah dapur. Minimalis itu memerhatikan lingkungan dan ekologi.
Periksa berkala makanan kedaluwarsa di kulkas, sediakan kantong untuk sampah daur ulang, organik dan nonorganik. Jangan lupa menutup wadah kantung sampah di rumah, ya.

2. Tas belanja

Kadang-kadang kamu lupa membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali dan akhirnya pulang dengan beberapa kantong plastik yang akhirnya kamu masukkan ke laci, di bawah wastafel, dan di samping tempat sampah. Mungkin kamu berpikir akan berguna nanti, tetapi jumlah yang kaugunakan tidak akan sebanding dengan jumlah yang telah kamu simpan. Kosongkan dapurmu dari kantong-kantong itu, masukkan ke wadah sampah nonorganikmu.

3. Talenan lama



Sama seperti peralatan dapur, talenan memiliki umur pakai. Bekas memotong bawang, sayuran dan buah-buahan membuat talenanmu banyak goresan, dan kemungkinan besar menjadi rumah bagi bakteri.
Mengganti talenan yang sudah penuh goresan dalam mungkin lebih baik dibanding mengabaikan kesehatanmu.

4. Makanan di freezer



Hanya karena memasukkan makanan ke freezer membantunya segar lebih lama, tidak berarti itu bertahan selamanya. Meskipun freezer dapat membuat sup atau potongan kentang goreng tetap enak selama beberapa bulan, jika ia terlihat terjebak dalam salju, yakinlah bahwa rasanya tidak akan sebaik yang seharusnya.
Jika merasa sayang untuk membuangnya, kamu dapat memasaknya lebih dahulu, lalu berikan santapan lezat untuk kucing jalanan.

5. Menu atau brosur makanan


Makanan yang kamu beli untuk dibawa pulang biasanya dilengkapi dengan satu dua menu atau brosur. Kamu akhirnya memasukkan semua kertas-kertas itu ke dalam laci, berharap akan berguna saat akan memesan makanan ketika kamu sedang malas memasak. Tanpa kamu sadari, kertas-kertas promo makanan memenuhi laci dapur.
Menu-menu itu mungkin tersedia secara online, jadi buang saja.

6. Wajan antilengket tergores



Maksud dari wajan antilengket adalah untuk menjaga agar telur orak-arik, ayam atau ikan yang kaugoreng tidak lengket di wajan, dan kamu tidak susah payah membersihkannya. Namun, jika wajan memiliki banyak goresan, itu bukan lagi antilengket, tidak akan berfungsi dengan baik.
Ganti dan belilah peralatan baru.

7. Peralatan makan plastik



Makanan pesan bawa biasanya dilengkapi sendok garpu plastik untuk kamu bisa menikmati makananmu di mana saja, sebelum sampai di rumah. Namun, jika kamu makan setelah sampai di rumah, kemungkinan besar kamu tidak lagi menggunakan peralatan makan plastik itu dan menggunakan sendok garpumu yang lebih nyaman. Jika kamu tidak memakainya, mengapa menyimpannya? Untuk peralatan makan sekali pakai, buang ke tempat sampah daur ulang. Dan lebih baik lagi, pada saat kamu memesan, beri tahu restoran untuk tidak menyertakan sendok, garpu dan pisau plastik.

8. Piring, mangkuk, dan mug pecah



Biasanya kamu mempertahankan piring, mangkuk atau mug yang retak hanya karena berpikir piring pecahmu masih bisa menampung makanan. Jika piring, mangkuk, mug, atau peralatan makan lainnya cacat retak atau sumbing, tidak hanya dapat melukai, tetapi juga dapat menampung bakteri sehingga membahayakan kesehatanmu. Singkirkan dari rak piringmu.

9. Gelas dan cangkir ekstra


Sangat menyenangkan memiliki lemari yang tertata rapi, dengan cangkir dan mug cantik berjejer dengan apik, tetapi seberapa lama itu bertahan? Ketika kamu memiliki terlalu banyak, tidak mungkin untuk menjaga semuanya tetap tertata lurus. Dan selain itu, berapa banyak, sih, gelas yang digunakan saat ngopi di satu sore?

Referensi: 1, 2 | Ilustrasi: google
Diubah oleh elvici 07-01-2023 02:35
redvelvet666
bayupk5000
betiatina
betiatina dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan