iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Penyebab Utama, Dijalan India Terlalu Bising Dengan Bunyi Klakson!


Tin.. tiin..tiiin!
Tetoot..!
Teloleet..!


dan berbagai jenis suara klakson lainnya sering kita dengar saat ada dijalan, bahkan saat lampu masih menyala kuning pun dibelakang kita kadang sudah terdengar bunyi klakson panjang bersahutan seolah kuning artinya hijau.


Perilaku pengendara di negeri ini rupanya belumlah seberapa, beberapa channel vlog yang mengulas kehidupan masyarakat India terutama saat berada di jalan lebih jauh dari kata disiplin, bahkan ada yang berkata klakson adalah urutan pertama daripada pentingnya memakai helm.

Bukan itu saja, jika di Indonesia bengkel jalanan biasa untuk service dan perbaikan kendaraan tapi di India ada bengkel khusus melayani modifikasi suara klakson! Ini artinya keberadaan klakson begitu penting karena dianggap mempercepat sampai tujuan, padahal solusi agar sampai tujuan adalah berangkat lebih awal dan berlaku disiplin dan tertib dijalan.

Ketika bunyi klakson mulai terdengar maka orang lain harus mengalah atau menepikan kendaraannya lebih dulu. Ndableg nya orang yang diklakson malah cuek bebek saja ini membuat pengendara yang sudah diposisi benar secara hukum makin gregetan. Bunyi klakson pun semakin panjang ditambah umpatan segala.



Jika saya amati suara klakson di jalan India memang intensitasnya sangat sering, saking bisingnya pemerintah India membuat peraturan jika bunyi klakson masih juga terdengar saat di lampu merah maka durasi warna merah lampu itu akan menyala lebih lama, dan yang terbaru adalah menambahkan lampu led sepanjang tiang lampu merah yang menyala sesuai warna yang sedang aktif tujuannya agar visibilitas lampu merah disana jauh terlihat dan tidak ada alasan lagi orang beralasan 'tidak melihat lampu merah menyala'.



Faktor utama kenapa bunyi klakson lebih dominan daripada memikirkan keselamatan adalah karena perilaku setiap pengendara disana lebih parah daripada disini, sangat tidak tertib dan sangat tidak disiplin. Pemicu yang tidak kalah penting tak lain karena jumlah penduduknya yang amat besar, sdm banyak yang rendah, sapi dan hewan bebas turun dijalan, sepeda, bajaj atau becak seliweran, orang menyebrang sembarangan, lebar dan jumlah jalan yang tidak bertambah, plus pedagang kaki lima dimana-mana.



Saking kusut dan semrawutnya kondisi dijalan India setiap hari membuat pengendara yang tadinya disiplin menjadi hilang kesabarannya, frustasi dan jalan pintasnya adalah membunyikan klakson berkali-kali karena segala sesuatu bisa saja terjadi meski kita sudah diposisi yang benar.

Beberapa penampakan di sebuah vlog yang saya tonton terlihat setiap pengendara jika akan belok, bertemu penyebrang, bahkan saat jalan sepi pun bunyi klakson sesekali terdengar. Jika bunyi klakson mulai terdengar itu artinya 'dia lebih berhak' lebih dulu jalan mengalahkan peraturan hukum lalulintas yang berlaku. Tapi jika kedua kendaraan tidak ada yang mengalah, saling 'mengadu' klakson siap-siap deh terjadi pertengkaran sampai 'adu gelud' dijalan.



Tidak bisa kita bayangkan bagaimana bising dan kurang nyamannya saat berada dijalan India itu. Setiap pengendara menganggap selalu benar dan yakin dengan keputusannya, dan polisi disana pun sampai kewalahan karena kalah jumlah dan sulitnya masyarakat disana untuk diajak disiplin terutama dijalan raya.

Hm, semoga Indonesia tidak menyusul kearah sana seperti apa yang terjadi di India, ya.. tapi menuju arah lebih baik lagi seperti yang terjadi dinegara-negara maju. Aamiin




Sebuah opini
Ref. Tkp1, Tkp2, Tkp3
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 05-01-2023 01:43
nisemono
mimimaw
ufo60
ufo60 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan