masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tips Cegah Sifat Sombong Tumbuh Dalam Diri, Kendalikan Sebelum Terlambat dan Menyesal
Sombong bisa mencelakakan diri sendiri, cegah sebelum terlambat dan menyesal


Sombong atau takabur, adalah sifat menghargai diri secara berlebihan, congkak, pongah, dan juga bersikap meninggikan diri sendiri sehingga merendahkan atau mengecilkan orang lain.

Seseorang yang memiliki sifat sombong mereka akan lebih cenderung untuk memandang orang lain hina, hanya dia yang pantas untuk ditinggikan dengan harapan mendapatkan penghormatan atau sanjungan lebih dari sekitarnya.

Tentu sifat sombong ini merupakan sifat tercela GanSis. Bahkan saking tercelanya sifat sombong, Tuhan tidak menyukai orang-orang dengan sifat dan sikap sombong, sebagaimana alasan terusirnya iblis dari surga yaitu karena kesombongannya yang tidak terbatas.

Ketika seseorang sudah terlanjur mengidap sifat sombong, maka kesombongan ini akan sangat sulit untuk dikendalikan GanSis. Mereka baru akan sadar bahwa sifat dan perilakunya salah saat kesombongannya membuahkan hasil yang buruk bagi diri sendiri, dan tidak ada orang yang peduli karena sifat sombong telah menjauhkan banyak orang darinya.

Dampak dari kesombongan selain dihindari orang sekitar juga tidak luput akan diperlakukan tidak baik oleh orang lain, selain itu kesombongan juga akan menimbulkan perpecahan antar sesama dan menimbulkan konflik batin yang sulit untuk disembuhkan.

Sebelum Agan Sista mengalami sifat sombong yang tidak terkendali, berikut ini beberapa tips mencegah sifat sombong yang dapat kalian coba untuk terapkan sebelum terlambat untuk sadar dan menyesal.




1. Sadar Diri

Sebelum Agan Sista merendahkan orang lain dengan merasa diri sendiri paling besar, paling berpengaruh, dan paling-paling yang lainnya maka kalian wajib untuk sadar diri dengan siapa kalian sebenarnya.

Sadar diri disini adalah terkait takdir hidup GanSis, bahwa semua yang sedang berjalan dan dilihat orang lain adalah hasil kemurahan Tuhan yang mengizinkan kita untuk terlihat baik, dan saat Tuhan berkehendak untuk membuat kita terlihat buruk maka tidak lebih kita hanya sebujur daging tanpa arti.

2. Percaya Konsep di Atas Langit Masih Ada Langit

Percaya dengan konsep bahwa di atas langit masih ada langit juga bisa dijadikan sebagai cara mencegah sifat sombong tumbuh di dalam diri.

Mungkin memang kita telah berada di tahap atau tingkatan lebih baik dari satu orang, tetapi yang perlu diingat bahwa di sekitar kita ada banyak orang dan kemungkinan lebih banyak yang berada di atas kita entah itu dari segi pencapaian atau yang lainnya.

3. Banyak Bersyukur

Banyak bersyukur atas apa yang telah didapatkan dan dicapai juga bisa untuk dijadikan sebagai tips untuk menghindari sifat sombong GanSis.
Saat Agan Sista telah merasa bersyukur dengan sebenar-benarnya rasa syukur maka tidak akan mungkin muncul sikap merendahkan atau mengecilkan orang lain.

4. Belajar Rendah Hati dan Rendah Diri

Lawan dari sifat sombong adalah rendah hati dan rendah diri GanSis, dan jika kalian ingin terhindar dari kesombongan maka harus bisa untuk belajar rendah hati.

Seseorang yang memiliki sifat rendah hati dan rendah diri tidak akan mungkin untuk menganggap orang lain kecil karena mereka selalu sadar bahwa juga memiliki banyak kekurangan.



Berikut tadi GanSis beberapa tips untuk mencegah sifat sombong tumbuh di dalam diri sendiri yang berakibat rusaknya semua yang sudah dilakukan.

Sebagaimana perilaku dan sifat buruk yang lain, sifat dan perilaku sombong harus benar-benar untuk dihindari karena merupakan salah satu dari banyak macam penyakit hati.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 03-01-2023 23:05
iblast867583
64m64n9s
dewimetal
dewimetal dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.2K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan