masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Rahang Sering Bunyi "Klek" Secara Tiba-tiba? Waspada, Bisa Jadi Gejala TMJ Disorder
Rahang sering bunyi secara tiba-tiba tidak bisa untuk disepelekan, bisa jadi alami TMJ Disorders


Rahang sering bunyi klek, klik atau pop secara tiba-tiba, kondisi ini sering membuat khawatir dan resah dari mereka yang mengalaminya secara langsung.

Bunyi yang keluar dari rahang tersebut biasanya muncul saat seseorang tengah membuka mulut untuk menyuapkan makanan atau berbicara, bahkan bunyi klekyang keluar dari rahang bisa dikatakan cukup keras dan mengganggu karena terdengar seperti suara tulang bergeser atau patah.

Mungkin Agan dan Sista disini ada yang mengalami kondisi ini dan menganggap itu sebagai hal yang wajar karena rahang mengalami pergerakan secara tiba-tiba sehingga mengeluarkan bunyi atau suara. Tetapi ternyata bunyi klek yang muncul dari rahang ini bukanlah sebuah kondisi yang bisa untuk disepelekan karena merupakan bentuk dari gangguan sendi rahang atau lebih sering disebut sebagai TMJ Disorders.

Untuk tahu lebih jauh tentang apa itu TMJ Disorders dan bagaimana cara untuk mencegah atau mengobatinya, berikut ini telah TS rangkum dari berbagai sumber yang membahas tentang TMJ Disorders.




TMJ disordermerupakan singkatan dari Temporomandibular joint syndrome atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut dengan gangguan sendi rahang. Orang yang mengalami TMJ sendiri mereka akan mengalami kondisi dimana sendi rahang, otot, dan ligamen sekitarnya akan mengalami gangguan yang bisa berakibat nyeri pada sendi rahang dan otot yang mengontrol gerakan rahang.

Adapun sendi Temporomandibular atau TMJ adalah sendi yang bertindak seperti engsel geser yang menghubungkan tulang rahang ke tengkorak. Sendi inilah yang mengeluarkan bunyi klek secara tiba-tiba saat menguap, atau membuka mulut untuk makan.

Jika membahas tentang TMJ Disorder tentu tidak luput dari penyebab dan alasan munculnya gangguan sendi rahang tersebut GanSis. Alasan muncul gangguan sendi rahang sendiri diantaranya adalah karena cidera sendi rahang, dislokasi bantalan spons yang memisahkan tulang belakang antar sendi peluru, trauma akut, suka menggertakan gigi atau stress yang berlebihan.

Mengalami kondisi gangguan sendi rahang atau TMJ bukan hanya merasa terganggu dengan munculnya suara klek yang tiba-tiba GanSis, melainkan juga mengalami nyeri leher, sakit kepala, sakit telinga, sakit rahang, sulit membuka mulut lebar-lebar, terkunci saat mulut tertutup atau terbuka lebar, susah mengunyah, dan wajah merasa lelah.

Melihat TMJ disordera yang memiliki cukup banyak dampak, maka Agan Sista bisa mencoba untuk mencegah atau mengobatinya yaitu dengan cara mengkonsumsi obat-obatan khusus TMJ disorder, terapi penggunaan belat mulut, terapi fisik, dan sesi konseling. Sedangkan untuk pencegahan Agan Sista bisa dengan melakukan relaksasi, olahraga, dan mengurangi tingkat stress.



Itulah GanSis sekilas tentang penyebab rahang sering bunyi kleksecara tiba-tiba dan mengagetkan.

Tentu kontrol kesehatan terhadap diri sendiri kita sendirilah yang tahu, karena gejala apa yang dialami Agan Sista sendiri juga yang merasakan. Itulah sebabnya Agan Sista harus lebih aware terhadap kesehatan dari diri sendiri dengan rajin check up ke dokter jika memang merasa kurang enak badan.

Oke, mudah-mudahan thread inu bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nurhuda008
onthecray354589
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan