tsuway.c001Avatar border
TS
tsuway.c001
Tanggapi Rasis Dengan Elegan


Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu ...
Selamat dini hari GanSist!
Kaskus lagi banjir event nih ane jadi keteteran euy!
Kali ini tentang isu yang baru-baru ini mencuat tentang sodara kita di Papua.

Ane juga pernah sih jadi korban, dulu waktu kecil ane tergolong yang berkulit tidak terlalu putih dan cenderung ke hitam, bodo ahh ... biar hitam tetep manis! Kakak adek ane pada putih-putih GanSist emoticon-Hammer (S), ane doank yang nurunin babeh.
Terus keluarga besar emak ane tuh sering banget gitu ngeledekin karena kulit ane lain dari kakak adek ane. Sebenernya ane sih ga nganggep, terserah deh kelen mau bilang apa ... yang penting ane mirip babeh, jadi bisa menghilangkan unsur kecurigaan kalo ane anak tetangga emoticon-Ngakak (S)ye kan ye kan!

Spoiler for jangan dibuka:


Nah, kalo GanSist pernah gak merasa tersinggung dengan kata-kata seseorang yang merendahkan GanSist terkait ras, suku, dan juga keyakinan? Padahal dia gak tahu apa-apa dan bukan siapa-siapa juga malah sok men-judge seenaknya jidatnya. Kalo ngadepin orang rasis nggak perlu langsung emosi walaupun kadang memang bisa makan ati. Tapi GanSist juga jangan terpancing marah yang meledak-ledak.

Ada cara khusus untuk menghadapi orang rasis. Kalo api dibalas dengan api, gak akan kelar masalah yang ada malah bisa makin membesar dan sulit ditangani. Tetaplah berpikiran jernih, kita balas dengan cara elegan. Mau tau?Simak nih!

6 cara elegan menghadapi teman yang rasis.


1.Tetap berbaik hati dan juga berpikiran terbuka
Tekan ego GanSist agar tetap terkontrol. Tetap rendah hati, eitss ... tapi bukan berarti merendahkan diri, ya! Tetep jadi orang yang humbleajah gitu. Ajak komunikasi ajah terus yang positive dan GanSist harus tetap open minded. Bisa jadi sifat rasis teman GanSist muncul karena belum memahami sesuatu atau juga karena ia salah memahami diri kita.


2. Cuekin ajah, GanSist!
Untuk menghadapi orang yang rasis, kadang dibutuhkan sikap cuek. Kalo diladenin GanSist akan capek sendiri jika harus menghadapi semua omongan orang rasis. Nanti juga mereka diam sendiri karena merasa tidak mendapat respon dari GanSist. Kalau GanSist tanggapin malah jadi emosi sendiri. Rugiii ...!


3. Jalani rutinitas GanSist seperti biasa.
Selama perlakuan atau aktivitas GanSist tidak merugikan orang lain, lakukan saja segala rutinitas secara normal seperti biasa, seolah-olah GanSist gak pernah terganggu oleh orang rasis itu. Bisa jadi memang GanSist sakit hati dan terluka, tapi berusahalah tegar. Tunjukkan kalau GanSist gak gampang dijatuhkan.


4. Buktikan GanSist punya kelebihan sendiri
GanSist pernah denger ga, cara membuat orang yang membenci GanSist menderita, yaitu dengan terlihat bahagia di depannya. Minimal GanSist bisa tunjukkin kalau hidup GanSist masih normal seperti biasa bahkan bisa jadi lebih baik dari biasanya sekalipun dia berusaha menjatuhkan dan mengolok-olok GanSist. Tunjukkan kehebatan dan kelebihan GanSist sendiri. Gak perlu terpengaruh opini negatif dari orang lain.


5. Kalau GanSist gak suka, ya bilang ajah!
Kalau omongannya sudah keterlaluan, GanSist harus bilang kalau memang nggak suka dia ngomong seperti itu. Kadang teman GanSist juga gak sadar dan gak peka kalau yang diomonginnya itu bisa membuat orang lain tersinggung bahkan sakit hati.


6. Bilang ke dia, "Gak capek apa?"
Umpamanya Gansist sudah tak tahan lagi dengan sikap dan omongan rasisnya yang coba merendahkan GanSist, coba bilang ke dia, “Nggak capek apa kamu? Gak ada kerjaan lain selain menghinaku?” Sesekali yang seperti itu memang perlu disadarkan kalau sikap rasisnya.


Oke, sekian trit dari ane.
Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatu.
Sekian


Sumber : Sumur
Diubah oleh tsuway.c001 23-08-2019 09:13
darmawati040
DeYudi69
ceuhetty
ceuhetty dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan