Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Strategi Soeharto Agar Tak Dikudeta Tentara Diungkap Presiden Filipina


Suara.com - Presiden Kedua RI Soeharto dikenal dengan kekuatannya melanggengkan kekuasaan hingga 32 tahun menjabat sebagai orang nomor satu.

Soeharto yang berasal dari TNI AD itu menjadi presiden dengan jabatan terlama sejak Indonesia merdeka. Soal kelanggengan jabatannya, Soeharto rupanya punya rahasia untuk menaklukan musuh politik di kalangan tentara.

Hal ini diceritakan oleh wartawan senior Bambang Harymurti (BHM) saat dia mewawancarai Presiden Filipina, Corazon Aquino.

"Ini saya ada cerita beneran nih, jadi saya ingat suatu saat itu kami di Tempo dapat kesempatan wawancara Aquino, Presiden Filipina," kata BHM dalam perbincangannya di Total Politik.



Kala itu BHM dan timnya bertanya soal perbincangan Aquino usai bertemu dengan Presiden Soeharto.

"Ketika dia jadi presiden, orang pertama yang dia temui kan Presiden Soeharto sebagai negara tetangga kan, terus kita tanya waktu dia ketemu Presiden Soeharto bicara soal apa," imbuhnya.

Mendengar pertanyaan wartawan, Aquino tertawa dan menceritakan soal tips yang diberikan Soharto untuknya agar tak digulingkan militer.

"Kata Aquino, saya waktu itu, Presiden Soeharto bilang sama saya kamu ada masalah ya dengan tentara, gampang kata Pak Harto, kamu pegang aja istri mereka, dia bilang begitu saya enggak ngerti maksudnya," ujar Aquino pada wartawan kala itu.




"Tapi setelah tujuh kali saya [Aquino] mau dikudeta militer, sekarang saya paham memang yang namanya Corazon pemberani, begitu dia [Aquino] pegang istrinya selesai, enggak bisa lupa saya," kenang BHM

Lebih lanjut BHM mengamini bahwa dalam sejarah politik Indonesia, istri-istri tentara dan para politisi juga berpengaruh.

"Jadi dalam sejarah juga ada dulu Jenderal Nasution punya orang kepercayaan Sukendro, awalnya erat tapi pecah samapai analis bikin teori macam-macam, kemudian saat diperiksa istrinya keduanya berantem," tuturnya.

https://www.suara.com/news/2022/12/2...siden-filipina

The power of emak-emak.. emoticon-Malu (S)

Contoh.. Ehem2 istri sambo.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
prabas
scorpiolama
riyopw
riyopw dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan