xianying21Avatar border
TS
xianying21
Tabloid Nova dan Bobo Junior Berhenti Terbit, "Kiamat" Media Cetak Semakin Dekat


Seperti yang diketahui, kalau ada dua media cetak dari Kompas Gramedia yang harus berhenti terbit yaitu Majalah Bobo Junior dan Tabloid Nova. Kedua media cetak tersebut harus berhenti terbit dan edisi terakhirnya terbit pada 21 Desember yang lalu.

Berhenti terbitnya Bobo Junior dan Tabloid Nova menjadi bukti kalau era digital semakin menggilas media konvensional. Semakin sedikit orang yang membaca media cetak yang harus membeli eksemplar atau berlangganan. Kini, para pembaca sudah beralih ke media sosial atau nonton video di Youtube.

Coba bandingkan para wanita dan emak-emak yang baca Nova dan nonton Youtube Raffi Ahmad? Ya jelas banyakan yang nonton Youtube Raffi Ahmad atau baca gosip artis di Instagram dan komen nyinyir. Berbeda dengan Tabloid Nova yang lebih mengedepankan berita positif tentang para seleb.

Kita coba bandingkan lagi Bobo Junior, sudah pasti anak-anak zaman sekarang lebih memilih menonton Youtube Kids daripada baca majalah.

Tentang Tabloid Nova


Tabloid Nova adalah tabloid wanita yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia sejak 1988 dan terbit secara mingguan. Isinya tentang dunia entertaiment seperti berita para selebritis, musik, film, tv, dan sinetron. Tabloid ini ditujukan bagi wanita dewasa muda dengan di dalamnya juga ada resep masakan yang bisa dicoba di rumah.

Tabloid ini menjadi favoritnya ibu-ibu muda di Indonesia karena beritanya selalu tentang seleb dan dunia wanita lainnya seperti resep masakan dan juga fashion serta tips kecantikan.

Bobo Junior



Majalah Bobo Junior adalah majalah anak-anak varian dari Bobo yang menargetkan pembaca anak-anak dengan usia lebih muda. Dari itu konten dari Bobo Junior juga jauh lebih sederhana. Karena pembacanya sudah semakin sedikit, Bobo Junior akhirnya harus berhenti terbit. Namun untuk Majalah Bobo edisi biasa masih tetap terbit walaupun jumlah halamannya kian tipis.

Majalah Bobo terbit pertama kali pada 1973 dan memberikan konten bacaan bagi anak-anak 6-12 tahun. Di dalamnya terdapat hal-hal yang disukai oleh anak-anak seperti cerpen, cergam, dan juga komik. Ada juga artikel ilmu pengetahuan dan soal pelajaran sekolah yang bisa dikerjakan. Majalah ini menjado favorit anak-anak lintas generasi dari generasi 70an sampai dengan sekarang secara turun temurun. Sementara itu Bobo Junior memang ditujukan untuk anak-anak pra sekolah sehingga membutuhkan bimbingan orang tua agar anak bisa menikmatinya.

Nah, gan. Kira-kira media cetak apalagi yang berikutnya akan berhenti terbit dan apakah media cetak akan punah? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
jiresh
darkwilliam00gg
jakompank
jakompank dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan