Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

onekus01Avatar border
TS
onekus01
Fungsi dan kegunaan Media Pembelajaran Lengkap dengan Referensinya
Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran yang dilengkapi dengan referensi bukunya. Apa fungsi dari media pembelajaran? dan apa kegunaan dari media pembelajaran? untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pelajari ilmunya di bawah ini.

Dalam suatu proses belajar mengajar, media pembelajaran merupakan salah satu dari unsur yang sangat penting posisinya disamping metode mengajar. Menurut Azhar Arsyad salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar, yang ditata dan diciptakan oleh guru.[1] Sementara itu, Daryanto mengungkapkan bahwa media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa)

Menurut Arief S. Sadiman dkk. Di dalam bukunya Media Pendidikan mengemukakan bahwa media pendidikan memiliki kegunaan sebagai berikut:

1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistik (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).

2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, seperti misalnya:

Objek yang kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar.
Gambar yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography.
Kejadian yang atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi.
3. Penggunaan media pendidikan yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik seperti meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kreativitas, dan memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.

4. Dengan sifat yang unik dan pengalaman yang berbeda yang dimiliki pada setiap siswa, tentu guru mengalami kesulitan bila mana semuanya harus diatasi sendiri. Oleh karena itu masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan media pendidikan seperti memberikan perangsang yang sama, menyamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama
0
673
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan