Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Bendungan Ciawi dan Sukamahi Siap Diresmikan, Jadi Pengendali Banjir Jakarta


TEMPO.CO, Bogor - Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor akan diresmikan pada Rabu, 21 Desember 2022. Peresmian bendungan kering atau dry dam yang berfungsi sebagai pengendali banjir Jakarta itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Kemungkinan besar diresmikan Rabu pekan ini, kita diminta siap-siap,” kata Ganar, Site Manager PT Wijaya Karya selaku kontraktor pembangunan bendungan Sukamahi dikonfirmasi, Senin, 19 Desember 2022.

Dua mega proyek senilai Rp 1,26 trilyun itu telah dikerjakan sejak 2017. Bendungan kering yang direncanakan sejak zaman orde baru dan direalisasikan pada era Jokowi ini akan mereduksi debit air Sungai Ciliwung ketika musim penghujan tiba.

Bendungan Sukamahi, yang dibangun di atas lahan 5,23 hektar dapat mereduksi air 15,47 meter kubik per detik. Bangunan dam yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya dan Basuki KSO ini, menelan biaya Rp 464,93 miliar.

Bendungan ini mereduksi air dari beberapa anak sungai yang mengalir ke Ciliwung, seperti sungai Sukabirus.

Sedangkan bendungan Ciawi memiliki luas genangan hingga 39,40 hektar dan mampu menampung volume air hingga 6,05 juta meter kubik. Bendungan ini dapat mereduksi air Sungai Ciliwung sebelum sampai ke Jakarta dengan kapasitas 111,75 meter kubik per detik.

Bendungan Ciawi menelan biaya Rp 798,70 miliar dan dikerjakan oleh PT. Brantas Abipraya dan PT. Sacna secara KSO.

Selain memiliki manfaat sebagai induk sistem pengendalian banjir Jakarta, kedua bendungan juga bisa dijadikan ecotourisme atau taman ekowisata.

“Tidak hanya sebagai rencana induk atau master plan nya sebagai pusat pengendali banjir, kita bisa memanfaatkan tanah yang ada di sekitar bendungan untuk konservasi dengan cara ditanam tanaman buah dan tanaman penguat tanah, " kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Basuki mengatakan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi bisa dikembangkan menjadi ekowisata kawasan Puncak Bogor. "Potensi sumber daya alamnya mengedepankan perlindungan ekosistem,” kata Basuki.

Tempo.co

sudarmadji-oye
bukan.bomat
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan