Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
21 Desember Akan Muncul Fenomena Solstis, Benarkah Dilarang Untuk Keluar Malam?
Heboh fenomena Solstis terjadi tanggal 21 Desember mendatang, benarkah dilarang keluar malam?


Publik di media sosial tengah dihebohkan dengan pemberitaan tentang fenomena Solstis yang dikabarkan akan terjadi di tanggal 21 Desember 2022, dan juga muncul isu dilarang untuk keluar rumah malam hari saat fenomena Solstis sedang terjadi karena disebut-sebut dapat berdampak bahaya.

Tidak sedikit warganet yang merasa penasaran tentang apa sebenarnya fenomena Solstis itu, dan mencari tahu tentang kebenaran dari isu yang beredar di media sosial bahwa tanggal 21 Desember dilarang untuk keluar malam terkait adanya fenomena Solstis itu sendiri.

Terhadap sebuah isu yang beredar tentu kita tidak boleh percaya begitu saja tentang kebenarannya ya GanSis, sebab belum tentu bahwa isu yang bergulir ramai tersebut memang benar-benar fakta dan bisa jadi hanya sebuah isu yang memang sengaja dibuat untuk menakut-nakuti atau menciptakan keresahan di tengah masyarakat.

Terkait kebenaran akan fenomena Solstis dan isu dilarang keluar malam saat fenomena tersebut terjadi, berikut ini sekilas fakta yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber.




Solstis Desember, atau fenomena alam titik balik selatan matahari adalah fenomena ketika posisi surya berada di titik paling selatan terhadap ekuator langit jika diamati oleh pengamat di permukaan bumi. Menurut data yang bersumber dari The Franklin Institute fenomena Solstis ini terjadi dua kali dalam setahun yaitu di bulan Juni dan bulan Desember.

Adapun fenomena ini terjadi sebagai sebuah penanda terjadinya awal musim dingin (belahan bumi bagian utara) atau awal musim panas (belahan bumi bagian selatan), sedangkan untuk nama Solstis sendiri merupakan nama yang diberikan oleh para astronom di zaman kuno karena mereka melihat matahari selalu tampak diam saat fenomena ini sedang terjadi.

Dari adanya fenomena Solstis ini selain sebagai penanda awal musim dingin dan musim panas di belahan bumi bagian utara dan selatan, di kedua belahan bumi tersebut juga akan terjadi pergantian waktu siang dan malam yang lebih panjang. Waktu siang akan lebih panjang di belahan bumi bagian selatan, dan waktu malam akan lebih panjang di belahan bumi bagian utara.

Sedangkan untuk isu terkait bahaya keluar malam saat fenomen Solstis ini telah dibantah oleh Pelaksana Tugas Kepala Pusat Riset Antariksa, Emanuel Sungging. Menurut beliau tidak perlu ada yang dirisaukan terkait fenomena Solstis karena memang fenomena ini kerap terjadi atau terjadi dua kali dala setahun.



Berikut tadi GanSis sekilas fakta tentang fenomena Solstis dan kebenaran terkait isu dilarang keluar malam saat fenomena tersebut sedang terjadi.

Melihat dari adanya fenomena ini tentu kita semakin yakin bahwa alam ada yang mengatur dan tidak berjalan sesuai apa yang dikehendaki manusia, dan manusia hanya bisa menerima apa yang disuguhkan alam termasuk dengan fenomena Solstis.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menjawab rasa penasaran dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
syaifudinseno
provocator3301
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan