Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Ā© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moniousanctiAvatar border
TS
moniousancti
Ada Lubang Raksasa di Gunung Galunggung, Bekas Apa Sih?

Lubang Raksasa di Gunung Galunggung

Info Viral: Berbagai pemandangan alam yang ada di muka bumi ini selalu membuat takjub. Sampai-sampai berbagai misteri di alam ini tidak bisa dipecahkan oleh manusia.

Apalagi jika misteri ini menimbulkan rasa penasaran banyak orang dan menjadi topik yang menarik. Seperti halnya lubang raksasa yang baru-baru ini ditemukan oleh pengguna akun TikTom @rendihu03.

Dalam video berdurasi 20 detik yang diterima tim Satuviral, terlihat sebuah lubang misterius di kaki Gunung Galunggung di Kota Tasik, Jawa Barat. Lubang ini dianggap misterius, pasalnya lubang ini merupakan lubang terdalam di wilayah itu.


Lubang itu tampaknya dikelilingi oleh banyak tumbuhan lebat

Anehnya, lubang ini dikelilingi tembok setinggi lebih dari satu meter. Nampak seperti buatan manusia. Di atas lubang ini besi dan pipa, nampaknya sebagai penghalang.

Sisi-sisi lubang itu tampak rapi karena dibeton. Meski demikian, jika mencoba melihat denfan mata kosong, kamu tak bisa melihat sampai ke dasar lubang. Sepanjang mata melihat ke bawah, hanya kegelapan dan kesunyian yang ada.

Situasi di dalam lubang misterius ini benar-benar membuat orang merinding. Awalnya, banyak orang yang penasaran dengan fungsi lubang dalam yang misterius di tengah hutan Gunung Galungung ini.

Karena ini trending di Tiktok, pengguna lain lantas bersedia menjelaskan lubang besar dan dalam ini kepada orang-orang yang penasaran.

Ternyata, lubang raksasa gelap itu adalah saluran lahar kawah Gunung Galunggung. Jadi saat lahar meluap langsung mengalir ke saluran lubang tersebut.



Dibangun setelah Letusan Gunung Galunggung

Menurut informasi lain, lubang tersebut dibuat setelah bencana letusan gunung berapi Galunggung pada 5 Mei 1982. Letusan itu disertai dengan dentuman, suar, dan kilat.Ā 

Letusan gunung Galunggung yang sangat dahsyat berlangsung selama 9 bulan.

"Ayah saya mengatakan bahwa saya lahir di sana dan tinggal di Kota Tasik untuk menghadapi lahar setiap kali Gunung Galungung meletus lagi,ā€ kata akun TikTok @afifa.

"Itu menuju ke air 7 warna , air 7 warna di galunggung itu sakti, ada penunggu nya itu yang pake jubah putih kakek kakek," tulis akun TikTok fellyciasinaga985

"Seperti nya itu lubang lorong waktu yang pernah dipakai oleh Raden kian Santang saat dibawa oleh paman cacing dari masa lalu menuju masa depan," tulis akun TikTok @Bidayahwannihayah

"Ngeri emang gua pernah liat langsung kesitu," tulis akun TikTok @afifa

"Kata bapa aku yg lahir disana dan tinggal di tasikmalaya itu buat pembuangan lahar kalau sewaktu waktu gunung galunggung meletus lg," tulis akun TikTok @afifaĀ 


SUMBER

Cendolnya jangan lupa ya agan-agan kesayangan! šŸ˜Š
BALI999
screamo37
bang.toyip
bang.toyip dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan