Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xianying21Avatar border
TS
xianying21
Yuk Kilas Balik Versi Android dari Masa ke Masa, Mana Android Pertama Agan?



Ketika pertama kali diluncurkan pada 2008 silam, sistem operasi perangkat mobile buatan Google, Android mampu mencuri perhatian dan kala itu muncul hampir bersamaan dengan iPhone. Kini Android menjadi OS semilyar umat dan menjadi penguasa dunia dengan iOS menjadi saingan utamanya. Android berhasil menumbangkan Windows Phone, Symbian dan juga Blackberry.

Saat artikel ini ditulis, Android sudah versi Android 13 yang diluncurkan pada Agustus 2022. Nah, bagi agan pecinta Android mari kita sejenak untuk kilas versi Android dari masa ke masa dari awal sampai sekarang.

Android 1.0 (Alpha)


Merupakan versi awal dari Android dan dikembangkan dalam perangkat pertama Android, HTC Dream yang dirilis pada 2008. Fiturnya masih sederhana namun cukup revolusioner di masanya. Selain sudah ada Android Market, fitur lainnya adalah aplikasi dasar Google termasuk Gmal dan Google Maps. Fitur basic lainnya adalah sebagaimana smartphone pada umumnya pada saat itu.

Android 1.1 (Beta)


Versi ini dirilis pada awal tahun 2009 sebagai update minor untuk HTC Dream yaitu memperbaiki beberapa bug namun tidak ada penambahan fitur yang signifikan.

Android 1.5 Cupcake


Merupakan versi Android pertama yang dirilis untuk perangkat lainnya dan Android Cupcake diluncurkan pada 27 April 2009, sejak saat itu penamaan versi Android menggunakan nama makanan manis. Adapun beberapa fitur dalam versi ini adalah dukungan keyboard pihak ketiga. fitur widget, fitur copy paste, rotasi otomatis, dll.

Android 1.6 Donut


September 2009. HTC Dream mendapatkan update Android Donut dan menjadi perangkat pertama yang mendapatkannya. Fitur yang ditambahkan adalah pencarian via suara, galeri foto, serta dukungan untuk CDMA. Dalam versi ini pertama kalinya support resolusi layar WVGA, dll.

Android 2.0 Eclair


Sebulan kemudian, Android mendapatkan update Eclair atau 2.0. Hape yang pertama kali menggunakan versi ini adalah Motorola Droid. Fitur yang ditambahkan adalah sinkronisasi akun yang diperluas, memungkinkan pengguna menambahkan hingga beberapa akun Google, Banyak fitur yang ditambahkan dalam versi ini sehingga banyak digunakan oleh hape lain.

Android 2.2 Froyo


Versi ini dirilis pada Mei 2010 dan menjadi Android pertama yang mulai banyak digunakan oleh berbagai merk lain kala itu. Fitur yang ditambahkan pun semakin banyak dan salah satunya adalah push notifikasi. 

Android 2.3 Gingerbread



Dirilis pada Desember 2010, Gingerbread adalah versi Android ketika OS ini mulai menguasai pangsa pasar smartphone, fiturnya semakin bertambah dan juga semakin stabil. Dalam versi ini, UI mulai diperbarui menjadi lebih keren, dukungan NFC, dan masih banyak lagi seperti dimasukannya beberapa sensor.

Android 3.0 Honeycomb


Februari 2011, Google meluncurkan Android Honeycomb yang dikhususkan untuk perangkat tablet dan ada update yang cukup penting dalam versi ini. Namun versi ini tak bertahan lama dan tidak begitu banyak diinstal.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich


Nah, dalam versi yang dirilis pada Oktober 2011 ini, Android mendapatkan update mayor dan banyak fitur tambahan. UI ICS terkenal dengan sebutan "Holo". Fitur lainnya adalah tangkapan layar, face unlock, dan lain-lain. Ayo, siapa Android pertamanya yang pakai ICS?

Android 4.1 Jelly Bean


Versi ini dirilis pada Juli 2012, menyempurnakan fitur dari yang ada di ICS dan kemunculan Google Now untuk pertama kalinya yang kelak menjadi Google Assistant. 

Android 4.4 Kitkat


Diluncurkan pada September 2013, Android Kitkat memberikan syarat untuk perangkat dengan RAM minimal 512 MB. Sejak saat itu Android dengan RAM yang tidak manusiawi tidak pernah lagi ditemukan,

Android 5.0 Lolipop


Ya, inilah versi Android yang mendapatkan update besar-besaran termasuk desain UI yang diperbarui secara total dengan sebutan meterial design. Mulai dari versi ini Android mulai "menjajah" dunia karena semakin stabil.

Android 6.0 Marshmallow


Versi ini dirilis pada Oktober 2015 dan hape pertama yang mendapatkannya adalah Nexus 5. Versi ini juga menjadi yang pertama kalinya support USB C.

Android 7.0 Nougat


Android Noygat dirilis pada Agustus 2016. Versi ini diluncurkan ketika Android sudah benar-benar menguasai dunia dengan smartphone sudah menjadi kebutuhan primer.

Android 8.0 Oreo


Android Oreo dirilis pada Agustus 2017. Versi ini era Android sudah mulai menggunakan rasio layar 18:9 dan 19:9 dengan nyaris tanpa bezel. Mulai versi ini Google juga merilis Go Edition yaitu OS Android untuk perangkat spek rendah.

Android 9.0 Pie


Di versi yang dirilis pada Agustus 2018 ini, desain UI kembali mendapatkan perubahan. Hape yang pertama kali mendapatkan Android Pie adalah Sony Xperia XZ3. Sejauh ini Android Pie adalah versi terakhir yang menggunakan nama makanan.n

Android 10


Merupakan versi Android pertama yang tidak menggunakan nama makanan dan hanya menggunakan penomoran. Diluncurkan pada September 2019, salah satu updatenya adalah perizinan aplikasi yang diperketat.

Android 11


Tidak banyak udpate yang ditambahkan pada versi yang diluncurkan pada September 2020 ini namun yang signifikan adalah dukungan jaringan 5G untuk hardware yang sudah support.

Android 12


Google Pixel 6 adalah hape pertama yang kebagian Android 12. Dalam versi ini material desain mulai diperbarui. Salah satu updatenya adalah share Wifi yang lebih mudah.

Android 13


Ini adalah versi Android terbaru yang diluncurkan pada Agustus 2022 yang lalu. Fitur update yang ditambahkan adalah aplikasi harus meminta izin pada pengguna sebelum mengirimkan notifikasi.n

Nah, gan. Mana nih Android pertama agan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
jlamp
jlamp memberi reputasi
1
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan