Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Bupati Meranti Mau Gugat Jokowi Usai Sebut Kemenkeu Berisi Iblis


Bupati Meranti M Adil berkeinginan menggugat Presiden Jokowi usai menyebut Kemenkeu berisi setan dan iblis. Gugatan disampaikan terkait dana bagi hasil. (Tangkapan Layar Instagram @muhammad_adil_riau).
Jakarta, CNN Indonesia -- Bupati Meranti M Adil berkeinginan untuk menggugat Presiden Jokowi. Keinginan ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah se-Indonesia pada Kamis (8/12) lalu.
Keinginan itu dilatarbelakangi oleh beberapa masalah. Salah satunya, pembagian dana bagi hasil (DBH) migas di daerahnya.

Ia mengatakan sejak 1973, di Meranti ada 222 sumur minyak yang dibor. Tahun ini, jumlah itu bertambah 13 dan tahun depan tambah lagi 19 sumur.

Dari hasil sumur tersebut, produksi minyak di daerahnya berhasil tembus 9.000 barel per hari.  Tapi tambahnya, hasil  produksi minyak yang melimpah tersebut toh tak banyak membantu daerahnya.

Hal itu paling tidak bisa diketahui dari jumlah dana bagi hasil yang diberikan pemerintah pusat ke daerahnya. Tahun ini saja, dana bagi hasil yang didapat daerahnya hanya Rp114 miliar.

Tidak adanya manfaat itu katanya, juga terlihat dari jumlah angka kemiskinan. Ia mengatakan di Riau, tingkat kemiskinan tembus 25,68 persen.

"Yang miskin terbanyak itu ada di Meranti," katanya.


Di tengah dana bagi hasil yang sedikit itu, Adil mengatakan pemerintahannya malah diberi beban membayar gaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang harusnya jadi kewajiban pemerintah pusat.

Ia mengatakan sudah berupaya mempertanyakan besaran dana bagi hasil yang digelontorkan pemerintah pusat ke Meranti ke Kementerian Keuangan. Ia sudah melayangkan 3 surat permohonan audiensi ke Menteri Keuangan Sri Mulyani.

: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-berisi-iblis.
Biar jelas adu rumus di pengadilan...
extreme78
muhamad.hanif.2
s.c.a.
s.c.a. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan