xianying21Avatar border
TS
xianying21
9 Board Game Seru Untuk Agan dan Keluarga, Dari yang Murah Sampai yang Mahal


Main game di smartphone di zaman sekarang adalah hal yang sudah biasa. Bermain game interaktif secara langsung membangun kebersamaan dengan keluarga dan teman kini karang dilakukan, padahal sensasinya berbeda dengan game online. Nah, board game atau permainan papan adalah permainan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan teman maupun keluarga.

Ada banyak sekali jenis board game di dunia ini, mulai dari yang mainstream sampai yang hanya dikenali oleh board game geek, dari yang murah sampai yang mahal. Berikut ini adalah deretan board game yang bisa agan mainkan bersama teman tongkrongan mulai dari murah sampai yang mahal.


1. Monopoli


Merupakan salah satu board game yang paling terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Monopoli pertama kali diproduksi pada 1935 oleh Parker Brothers dan saat ini Monopoli yang asli adalah keluaran Hasbro yang harganya sekitar Rp. 650 ribu rupiah untuk edisi reguler dan terdapat banyak edisi lainnya yang harganya bisa lebih murah dan lebih mahal. Jika merasa kemahalan, agan bisa membeli Monopoli versi low budget ala Indonesia yang harganya mulai dari Rp. 25.000.

2. Cluedo


Masih dari Hasbro, Clue atau Cluedo adalah board game yang bertemakan adu deduksi dan analisa eliminasi yaitu para pemain akan menyelidiki kasus pembunuhan dan mencari tahu siapa pembunuhnya, TKP, sampai senjata apa yang digunakan oleh si pembunuh. Setiap pemain akan menjadi detektif dan diberikan pulpen dan kertas untuk menyelidiki dan mengeliminasi setiap kemungkinan yang salah. Harganya hampir sama dengan Monopoli versi asli.

3. Ular Tangga


Ular Tangga atau Snake and Ladder adalah board game yang sangat tua dan tidak ada pemegang hak ciptanya karena itu harga permainan papan Ular Tangga sangat terjangkau dan bisa menjadi bonus dari Monopoli versi low budget. Permainan ini cocok sekali untuk agan yang punya anak yang usianya 4-10 tahun untuk bermain bersama karena aturan Ular Tangga ini sangat sederhana.

4. Ludo


Sama seperti Ular Tangga, Ludo juga merupakan salah satu board game tertua yang pernah diciptakan manusia dan diperkirakan berasal dari India. Bisa dimainkan dua sampai empat pemain dengan bertujuan memasukan empat token ke tempat tujuan dengan mengandalkan kocokan angka dadu. Sayangnya, permainan Ludo akhir-akhir ini malah dijadikan ajang judi.

5. Scrabble


Board game ini melatih ketangkasan dalam menyusun susun kata. Scrabble sendiri menjadi salah satu board game yang paling mainstream di dunia barat. Scrabble disarankan dimainkan oleh dua orang dengan mengumpulkan poin dari susun kata yang ada dalam kamus Bahasa Inggris. Jadi, dalam permainan ini kita juga harus jago dalam perbendaharaan Bahasa Inggris. Harganya sendiri tidak terlalu mahal yaitu mulai dari delapan puluh ribuan.

6. Battleship


Board game ini juga populer di dunia barat dan merupakan adaptasi dari permainan sederhana pensil dan kertas. Battleship dimainkan oleh dua orang dan gameplaynya adalah tebak-tebakan lokasi mana yang ditempati oleh kapal lawan dan kemudian menembaknya sampai semua kapal lawan karam. Satu set permainan terdapat dua kotak yang sudah diberikan tulisan koordinat.

Battleship asli diproduksi oleh Hasbro dan harganya adalah sekitar seratus lima puluh ribuan.

7. Jenga


Permainan ini tentunya banyak yang sudah tahu karena cukup terkenal di Indonesia. Jenga adalah game susun balok dengan cara mengambil balok dan menyimpannya lagi ke bagian paling atas, pemain yang menjatuhkan susunan balok maka akan kalah. Jenga yang asli harganya lebih mahal namun untuk jenis merk Uno Stacko harganya cukup murah yaitu sekitar lima puluh ribuan.

8. Werewolf


Nampaknya, yang satu ini sudah sangat terkenal karena dapat merusak pertemanan. Permainan deduksi sosial ini ditujukan untuk banyak pemain, bisa sampai puluhan tergantung jenis apa set permainannya. Harganya bervariasi, untuk Ultimate Werewolf ada yang menjualnya mulai dari lima puluh ribuan. Lagi pula tampilan kartu bukanlah hal penting dari game ini melainkan dari situasi permainan itu sendiri.

9. Ticket to Ride


Merupakan board game paling mahal dan paling mewah dalam daftar ini karena selain kelengkapannya yang mewah juga karena Ticket to Ride adalah board game dengan rating yang cukup tinggi di situs BoardGameGeeks. Para pemain hanya membutuhkan beberapa menit aturan permainan yang melibatkan rangkaian gerbong kereta dan kartu ini. Inti dari permainan ini adalah para pemain harus berlomba untuk membangun jalan rel kereta api. Harga board game ini memang cukup mahal yaitu sekitar delapan ratus ribuan.

Nah, gimana gan. Seru yang mana nih? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
rawonkuahcampur
over.power
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan