Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Ok Memilih STB Tv Siaran Digital Terbaik Dan Aman


Bagi orang awam yang saya ketahui, antena biasa UHF dan set top box (STB) dianggap sama, sekedar penangkap sinyal stasiun tv, padahal jelas ada perbedaan. STB bukanlah antena tapi decoder yang bertugas menangkap lalu mengolah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang kemudian ditampilkan di TV biasa (analog).

Untuk dapat menerima siaran tv digital penuh dengan kualitas gambar dan suara optimal dibutuhkan STB (atau orang juga menyebutnya receiver atau converter) yang berkualitas juga. Berkualitas disini maksudnya memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), dalam kemasan atau STB nya tertuliskan support DVB-T2 yang berarti STB sudah kompatibel dengan siaran TV digital Kominfo, dikemasan box ada tulisan 'Siap Digital', merek dan kualitas produk terjamin dan bergaransi.

Lebih jelasnya silahkan baca info di gambar berikut ini.



Namun demikian dilapangan karena begitu banyaknya dijual produk STB dengan banyak merek dan beragam kualitasnya, konsumen pun jadi bingung. Tidak sedikit STB tidak bersertifikat SNI, kurang ditekomendasikan karena sinyal tangkap lemah sebab komponen dan perkabelannya berkualitas rendah akibatnya STB mudah panas dan rawan terjadi kebakaran seperti beberapa waktu lalu. Tv tiba-tiba meledak setelah terjadi korsleting dari STB yang panas padahal baru digunakan beberapa jam saja.



Maka menurut saya konsumen wajib teliti dan kritis saat membeli STB karena bisa jadi yang ditawarkan si penjual adalah STB palsu atau produknya abal-abal dengan harga juga menawan. Untuk menghindari salah beli, STB berkualitas rendah, tidak aman sebaiknya konsumen membeli di gerai atau toko offline/online resmi yang ditunjuk perusahaan untuk menjual produknya, bukan asal beli dilapak pinggir jalan.

Sedangkan untuk membuat perbandingan produk yang ingin dibeli, konsumen bisa mencari informasi dari berbagai media, internet produk review, testimoni atau ulasan pembeli di online shop, di forum atau group yang khusus membahas STB.

Dengan mencari informasi lengkap kita bisa mendapatkan STB yang berkualitas sesuai dengan harapan dan harga yang pantas. Selamat berburu STB, gan.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Indonesiabaik. com, gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-12-2022 01:41
anonymous987
arsenalkufc
jiresh
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.5K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan