Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xianying21Avatar border
TS
xianying21
6 Fitur Smartphone yang Paling Jarang digunakan, No 2 Paling Tidak Berguna

Apa sih aplikasi atau fitur smartphone yang paling banyak digunakan? Jawabannya paling sosial media, browsing, game, dan nonton video seperti Youtube. Tapi, kalau misalnya dibalik yaitu fitur smartphone apa yang paling jarang digunakan, apakah jawabannya?

Sejak ponsel hadir di tengah masyarakat, tujuan awalnya hanyalah untuk menelepon dan SMS saja tapi semakin ke sini fitur ponsel semakin banyak hingga menjadi smartphone. Sampai-sampai smartphone kini menjadi barang primer bagi sebagian orang. Meskipun punya seabreg fitur, ada beberapa fitur di smartphone yang termasuk jarang digunakan di masa kini. Fitur apa sajakah itu?


FM Radio


Fitur ini sebenarnya adalah fitur yang menarik karena bisa mendengarkan musik gratis tanpa biaya. Ketika pertama kali muncul, FM Radio adalah fitur yang lumayan mewah. Namun ketika era smartphone datang, FM Radio jarang digunakan oleh banyak orang. Alasannya mungkin karena terlalu membosankan dan lebih baik mendengarkan musik lewat streaming yang bebas dan bisa semaunya.

SIM Tool Kit


SIM Toolkit adalah aplikasi yang otomatis terinstal oleh kartu SIM yang digunakan. Fitur ini sudah ada sejak era non smartphone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi kartu SIM termasuk untuk registrasi prabayar. Namun nyaris semua orang sangat jarang bahkan tak pernah mengakses fitur ini karena nyaris tidak berguna.

Untuk mengakses info kartu SIM pengguna biasanya menggunakan dial up atau langsung menginstal aplikasinya.

MMS

Multimedia Message Service (MMS) adalah fitur lawas ponsel yang memungkinkan pengguna mengirimkan gambar, video, dan suara sebelum era internet. Fitur ini terbilang ketinggalan jaman dan bahkan pada masanya yaitu di era 2000an, MMS jarang digunakan. Alasannya adalah karena tarifnya yang mahal. Saat ini sudah ada Whatsapp dan Telegram yang sangat murah dan cepat menggunakan data internet.

Aneh sih kalau kirim MMS di jaman sekarang. Seperti kurang kerjaan saja.


Stop Watch

Fitur stop watch biasanya sudah ada di setiap smartphone. Untuk merk Xiaomi misalnya, Stop Watch tersedia di aplikasi bawaan Jam yang juga menyediakan waktu terkini. Stop Watch jarang digunakan karena fungsinya memang hanya diperlukan untuk situasi tertentu. Contohnya untuk mengukur kecepatan berlari ketika saat berolahraga.

Voice Recorder

Kamera tentu saja sering digunakan oleh para pengguna smartphone. Tapi kalau voice recorder atau perekam suara, tidak semua orang sering menggunakannya. Perekam suara biasanya digunakan untuk para pembuat konten merekam audio. Contohnya para Youtuber yang belum mempunyai alat perekam khusus.

Namun, terkadang perekam suara di smartphone juga digunakan oleh para wartawan.

Infrared Blaster

Saat ini hanya Xiaomi yang rajin dalam memproduksi smartphone yang memiliki infrared blaster. Tentu saja bukan untuk memindahkan data melainkan digunakan sebagai remot serba guna untuk perangkat elektronik. Tapi fitur ini terbilang jarang digunakan meski sebenarnya cukup membantu.

Nah, gan. Ada lagi fitur lainnya? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
Diubah oleh xianying21 01-04-2022 12:02
pleaseleaveme
bal.israa.n.310
iblast867583
iblast867583 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
7.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan