harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Black Metal, Musik Yang Dianggap Memuja Setan! Benarkah Begitu?

Sumber Gambar

Musik adalah sebuah seni yang banyak diminati orang-orang. Ada banyak alat, cara dan genre yang bias kita mainkan dengan musik. Salah satu genre yang cukup popular adalah genre Metal. Genre ini dikenal dengan musiknya yang keras, cepat serta suara vokalnya yang lantang.

Di dalam musik metal sendiri ada banyak jenisnya. Sebut saja thrash metal, death metal hingga heavy metal. Semua memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Namun dari banyaknya jenis musik metal yang ada di dunia, TS ingin membahas satu musik metal yang menarik yaitu Black Metal.


Sumber Gambar

Sekilas tentang black metal.

Kemunculan sub-genre black metal dimulai pada tahun 1980-an. Kala itu ada band bernama Venom yang merilis album bernama Black Metal. Lalu perlahan black metal mulai diikuti oleh band-band lain seperti Bathory, Celtic Frost dan masih banyak lagi.

Lalu pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an, muncul gelombang baru dari black metal di Eropa. Khususnya di negara Norwegia. Nama-nama seperti Mayhem, Darkthrone, Gorgoroth dan Satyricon semakin mengembangkan black metal sesuai dengan kultur mereka.

Setelah black metal Norwegia mulai terkenal, band-band di Amerika pun mulai tertarik untuk ikut mengadopsi gaya musik mereka.


Sumber Gambar

Black metal pemuja setan?emoticon-Bingung (S)

Kalau dilihat dari tampilannya, Black Metal seperti Mayhem, Darkthrone dan Gorgoroth memang memiliki personil dengan penampilan menyeramkan seperti setan. Mereka memakai riasan wajah yang disebut corpse paint atau riasan mayat.

Bukan hanya penampilan, tapi band-band black metal pada awal kemunculannya memang memiliki gimik-gimik bak pemuja setan. Mereka sering membawa atribut-atribut bernuansa satanis ke atas panggung mereka.

Bahkan grup band Gorgoroth kerap membawa kepala babi sebagai atribut manggung mereka. Lalu ada juga rumor kalau salah satu personil mereka juga ada yang gemar meminum darah. Bahkan Mayhem menjadi salah satu pelopor pembakaran gereja yang terjadi di Norwegia.


Sumber Gambar

Bukan cuma dari gimik, dari lirik lagu juga mereka sesekali menyisipkan lirik yang bernada penistaan atau mereka sebut sebagai blasphemy. Salah satunya yang TS tahu adalah band Behemoth yang banyak menyisipkan blasphemy di lirik lagu-lagu mereka.

Untuk musiknya sendiri, biasanya memiliki ketukan drum yang cepat dan distorsi gitar yang berat. Maaf kalau salah ya, TS kurang paham. Lalu untuk vokalnya, suara vocal mereka terdengar menyeramkan mirip suara monster.

Mendengarkan black metal tidak ada salahnya jika hanya untuk hiburan. Kita nikmati saja aksi-aksi dan gimik mereka yang ekstrem itu sebagai salah satu dari bagian pertunjukan tanpa harus men-judge. Mau mereka pemuja setan atau tidak rasanya tidak penting kalau memang musiknya bagus.

Gimana gan? Pernah mendengar lagu black metal? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
satyagilang
shinwjy
bastian86
bastian86 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.1K
203
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan