Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lembur.kolotAvatar border
TS
MOD
lembur.kolot
Wajib Paham!! Modus-Modus Penipuan Digital yang Umum Terjadi di Masyarakat
Malem gansis, ngomongin soal penipuan digital ternyata banyak banget ragamnya. Ane juga beberapa kali kemampiran beberapa modus penipuan online yang kebanyakan ujung-ujungnya duit.

Nah, dari pengalaman ane dan dari informasi yang sering ane dapet, ternyata banyak banget modus atau model penipuan digital, nah yang cukup populer dan sering dialami masyarakat umum sebenernya ada 4.

Ini dia, nih...

1. Phising



Seperti kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, disebutkan bahwa modus penipuan phising biasa dilakukan oleh oknum yang mengaku dari lembaga resmi dengan menggunakan telepon, email, bahkan pesan teks.

Umumnya mereka menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi dan penting, tujuannya jelas, untuk dilakukan tindakan atau aksi kejahatan dengan data-data pribadi kita.

Sebenernya biar gak kena phising sih gampang gansis, tinggal kita cek aja kebeneran informasi yang kita dapet ke institusi aslinya, bisa lewat call center atau web mereka.

2. Pharming handphone



Yang kedua gak kalah bahayanya gansis. Modus phraming handphone biasanya mengarahkan kita pada situs/web palsu, yang ketika kita masuk ke web tersebut dengan cara mengeklik maka domain name system yang ditekan/di-click oleh kita akan tersimpan dalam bentuk cache.

Bahayanya adalah pihak penjahat bisa serta merta mengontrol atau mengendalikan perangkat kita dari jauh.

Kasus yang paling sering adalah pembajakan WA, atau orang biasa bilang WA-nya di hack, atau akun sosial media kita.

Para pelaku biasanya mengirimkan blast via WA atai SMS. Nah, buat kita yang kurang hati-hati atau biasa langsung sat-set ngeklik, bisa jadi bahaya tuh.

Ini sering banget kejadian sih, terutama yang jadi korban para lansia, atau mungkin orang tua kita.

3. Sniffing



Nah, kalo modus yang satu ini biasanya menimpa para pengguna WiFi gratisan di rung publik. Emang sih, kita lebih diuntungkan karena bisa hemat kuota, tapi ternyata di balik itu bahayanya gede banget.

Para penjahat digital selain bisa mengakset gadget kita, juga bisa dengan leluasa mengambil data-data kita, semisal password sosmed, email, dll.

Nah, kebanyakan korban dari Sniffing ini adalah orang yang seringmelakukan transaksi keuangan pesel ojol atau akses mobile banking dengan WiFi publik tadi.

Waspada deh Gansis. Untung gak seberapa soal kuota internet, tapi bahaya yang bakal kita hadepin lebih kompleks. Pokoknya kalo udah kena, ribet banget deh tuh ngurusinnya..

4. Social Engineering



Nah, modus yang gak kalah populer ini patut diwaspadai, agar kita gak kena tipu-tipu online.

Biasanya modus penipuan ini pura-pura meminta OTP dengan dalih atau alasan orang tersebut salah memasukkan data atau akses. nah, buat kita yang nggak mudeng apa itu OTP, biasanya langsung aja kasih..

Nah, OTP atau one time password adalah kode akses sekali jalan untuk bisa masuk pada akun tertentu, semisal akun gojek, atau akun e-commerce kita. Buat kita yang kurang waspada, jangan heran ketika tiba-tiba saldo dompet digital kita kebobolan.

Kira-kira itu aja sih gansis soal penipuan digital dan keuangan digital yang sekarang lagi marak-maraknya. Kalo ada info tambahan boleh deh drop comment atau kasih spil-spil modus lainnya..

Selalu waspada dan jaga kerahasiaan data kita, agak kritis, trus gak gampangan ketika ada orang minta tolong gak jelas di hape...

:sundulganoli
Diubah oleh azhuramasda 23-11-2022 13:49
tarraqn
radihenggardi
T.G.I.F.
T.G.I.F. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
313
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan