Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

T.G.I.F.Avatar border
TS
MOD
T.G.I.F.
Modus Baru, Sasaran Lama


Beberapa minggu group WA saya rame bahas soal penipuan modus baru gan, tapi ya ujung-ujungnya sama, ngambil data orang yang terkena dan berusaha ambil akses perbankan yang ada di HP atau device. 

Pelajarin bareng-bareng yuk GanSis, biar kita imun terhadap berbagai jenis penipuan model ginian. 

Spoiler for Ini barbuknya Gan:



jadi modusnya kek gini:

Penipu ini mengirimkan resi pengiriman (bisa dari kurir mana saja), penipu akan meyakinkan kita untuk mengecek apakah itu betul paket kiriman kita dengan dalih macem-macem intinya satu "kita harus ngeklik file yang dikirimkan" 
saat kita ngeklik link tersebut kita tidak akan bisa mengecek resinya. 
Kenapa? karena file yang dikirimkan berekstensi .apk (atau .exe untuk komputer)
si penipu akan mengatakan ke kita kalau untuk ngecek kita harus install dulu. 

Disini modus penipuannya, setelah kita install aplikasi itu apa yang terjadi?

Jadi Gan/Sis, file berekstensi .apk (untuk android) dan .exe (untuk komputer) adalah file program (bisa berupa spyware/malware/virus) tapi dalam hal ini yang dipakai adalah aplikasi keylogger 

Apa itu keylogger? keylogger adalah sebuah program software yang berfungsi untuk memantau aktivitas korban dan memberikan akses pada peretas ke data pribadi mereka.



Jadi agar kita terhindar dari software sedemikian GanSis kita mesti pahami cara kerjanya:


1. Keylogger terintall secara otomatis saat kita nge"klik" sebuah link yang berekstensi .apk. atau exe, karena itu gan kita jangan sembarangan klik ya, kalau diminta cek dokumen pastikan ya dokumennya ekstensinya docs, xls, pdf dll, kalau diminta cek poto yang pastikan ekstensinya .jpg. .jpeg dll, kalau minta Install kita harus waspada)


2. Software ini juga bisa terinstall secara tak sengaja saat kita berselancar di dunmay, inget dengan istilah jebakan betmen kan Gan? karena jangan suka klik link di web apalagi yang kedip kedip genit minta perhatian gan emoticon-Najis (S)


3. setelah nge"klik" link begituan gan, maka perangkat kita akan secara otomatis mengintal spyware ini, karena ini semcam spyware maka biasanya pengintalannya memakai mode silent install biar di koraban tidak berasa sudah install aplikasi ngga jelas.


4. Spyware ini menangkap semua aktivitas kita melalui rekaman ketikan kita di keyboard, tentu saja tanpa sepengetahuan kita, jadi semua aktivitas kita termasuk saat kita masukkan user name perbankan akan terekam oleh penipu.


5. spyware akan otomatis mengirimkan semua hasil mata-mata mereka ke email/server yang ditunjuk oleh penipu, jadi gan kalau misalnya kita kena software ini dan pas masukin username dan password akun perbankan kita, say goodbya to tabungan yang udah kita kumpulin dari lama dah


ada tips lain untuk menghindari software jenis ini gan:


6. Gunakan fitur 2 way verification, dengan mengaktifkan fitur ini GanSIs akan mendapatkan kode otp sebagai verifikasi lanjutan, tapi jangan di share ya gan OTP nya, bisa wassalan itu duit di bank kita.

7. install antivirus gan, agak repot emang karena antivirus biasanya ngeblok software semcam ini, tapi relatif b=lebeih aman lah gan.

8. Gunakan keyboard virtual, keylogger hanya merekan aktivitas keyboard kita gan jadi software ini tidak bisa mendeteksi keyboard virtual, untuk data2 penting gunakan keyboard virtual ya Gan

9. karena berawal dari phising gan, kita mesti hati-hati saat berselancar di dumnay, jangan semabrangan klik, dan jangan sembarang bicara pada orang yang tak dikenal.

10. salah satu ciri hp kita terinstall spyware atau tidak adalah saat hp tetiba boros trus data cepet habis padahal kita ngga ngapa2in, karena software ini menstransfer data rekaman hasil aktivitas kita ke server jadi mereka akan memerlukan daya dan data yang lumayan besar. jadi kalau tetiba hp boros waspada gan, scan pakai antivirus ya


Keylogger ini sebenernya software legal gan, biasa dipakai oleh perusahaan untuk ngeceek kegiatan karyawannya, tapi emang pada perkembangannya dipakai untuk sesuatu yang negatif, teknologi emang bermata dua deh gan (bukan kek pedangnya Kenshin ya , hanya bermata satu dan terbalik pulak hahahah)


Ane udah bikin trit ini pas mau edit kok malah ilang semua isinya emoticon-Frownemoticon-Frown emoticon-Frown ini ane bikin baru lagi gan


btw gan pengakuan dosa: ane pernah loh pakai software ini tapi bukan untuk menipu, tapi that's the story for another time ya gan, ditunggu komen2nya


Diubah oleh T.G.I.F. 25-11-2022 01:21
ran4urlife
tarraqn
lembur.kolot
lembur.kolot dan 5 lainnya memberi reputasi
6
971
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan