Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rs2006Avatar border
TS
rs2006
Viral Video Warga Cianjur Hadang Mobil Relawan, Paksa Turunkan Bantuan logistik
Rabu, 23 November 2022 18:09 WIB


Beredar video yang memperlihatkan warga Cianjur yang menghadang mobil relawan dan memaksa agar menurunkan bantuan logistik dibawa.



TRIBUNNEWS.COM - Beredar video yang diduga warga Cianjur mencegat sebuah mobil relawan yang akan memberikan bantuan bagi korban terdampak gempa di media sosial.

Ada dua video yang diunggah oleh akun Twitter bernama, @Kangjaill.

Pada video pertama yang berdurasi 29 detik itu, awalnya mobil relawan akan memberikan bantuan logistik kepada warga Cianjur yang terdampak gempa.

Namun dalam perjalanan, mobil relawan itu nampak dihadang oleh sejumlah warga yang diduga dari Cianjur berjumlah empat orang.

"Kita dijegat ya.. orang-orang ini minta bantuan diturunin disini. Sementara kita mau ke ujung.. orang-orang ini brentiin semua mobil yang ada tanpa terkecuali ambulan Lokasi tidak jauh dari SMP Terbuka Cigunang, Rancagoong. Hati-hati buat semua relawan," tulis @Kangjaill.

Akibat dihadang, salah satu relawan di dalam mobil itu menjelaskan kepada salah satu warga yang menghadang bahwa kehadirannya dalam keadaan darurat untuk memberi bantuan.

"Kita sudah janji dengan orang. Maaf ya Kang ya, kita masih ada tim (relawan) di belakang. Ini juga sama darurat," ujar salah satu relawan.

Diduga lantaran kesal dengan penghadangan tersebut, relawan itu memutuskan untuk memundurkan mobilnya dan membatalkan memberikan bantuan.


"Mendingan kita mundur aja deh. Kita gak usah ngasih bantuan. Mundur, mundur, mundur," ujar relawan.

Namun, langkah relawan memundurkan mobilnya tersebut tampaknya untuk menghindari warga yang menghadang tersebut.

Hal itu dibuktikan di video kedua yang memperlihatkan mobil relawan masih mencoba mencari jalan lain untuk memberikan bantuan logistik.

Menurut penjelasan akun tersebut, mobil relawan itu akan menuju Desa Sarampad, Cigunang, Kabupaten Cianjur.

"Kita lanjut perjalanan ya. Kita sekarang sudah ada di Gasol Kulon. Semoga kita dapat tembus. Kini, alhamdulillah sudah banyak relawan saat ini," ujar relawan dalam video.

Kemudian, tulis akun itu, penghadangan oleh warga itu sudah memperoleh atensi dari Polres Cianjur.

"Alhamdulillah sudah dapat atensi dari Polres Cianjur. Ini jg jaga-jaga agar kejadian serupa tidak terulang dan merugikan para korban bencana. Terimakasih buat Anggota kepolisian," kata akun itu.

Kendati begitu, belum diketahui tindakan dari kepolisian dan motif dari warga yang menghadang mobil relawan tersebut.

Update Korban Gempa Cianjur: 271 Orang Meninggal Dunia

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto mengumumkan korban jiwa gempa Cianjur bertambah menjadi 271 orang per Rabu (23/11/2022).

Sementara untuk tambahan korban hilang per Rabu hari ini mencapai 40 orang dengan rincian 39 orang merupakan warga Desa Cugenang dan satu warga dari Desa Warungkondang

Terkait korban meninggal, Suharyanto menjelaskan pihaknya juga akan melakukan penelusuran apakah ada yang belum terdata oleh puskesmas atau rumah sakit di Cianjur tetapi sudah dimakamkan oleh pihak keluarga.

"Dari 271 (orang) yang meninggal ini, kami akan telusuri apakah akan yang sudah dimakamkan atau tidak. Kami belum bisa memastikan yang dimakamkan oleh keluarga ini sudah masuk ke yang 271 apa belum," jelasnya dalam konferensi pers.

"Karena bisa saja miss-nya, begitu jenazahnya sudah ada kemudian dimakamkan tanpa dilaporkan ke Puskesmas atau rumah sakit," ujarnya.

Penelusuran ini, kata Suharyanto, akan melibatkan kepala desa di seluruh Cianjur.

Lebih lanjut, Suharyanto mengumumkan untuk korban luka bertambah menjadi 2.043 orang.

Sementara warga mengungsi mencapai 61.908 orang dan kerugian materil berupa rumah rusak sebanyak 56.320.

"Rumah rusak berat 22.241, rumah rusak sedang 11.641 rumah, rumah rusak ringan 22.090 rumah. Tentu saja ini akan terus diverifikasi," kata Suharyanto.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

https://www.tribunnews.com/nasional/...ntuan-logistik
Diubah oleh rs2006 23-11-2022 18:51
bukan.bomat
aldonistic
Adit.m.n
Adit.m.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.9K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan