masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Patut Dicoba, Ini Beberapa Jenis Minuman Tradisional Indonesia Warisan Para Leluhur
Hampir terlupakan, ini dia beberapa jenis minuman tradisional khas Indonesia yang wajib untuk dicoba


Indonesia, selain dikenal memiliki banyak suku, adat serta budaya, kekayaan makanan dan minuman tradisionalnya juga tidak kalah banyak GanSis.

Dapat dikatakan hampir di semua daerah memiliki menu-menu makanan dan minuman tradisional yang sangat menarik untuk dicoba, terbuat dari bahan-bahan yang juga khas dari suatu daerah sehingga daerah tertentu diidentikkan dengan sebuah menu makanan yang paling ikonik.

Sebagai contoh adalah menu rendang dari Padang. Makanan yang satu ini telah ditetapkan sebagai makanan terenak di dunia dan menjadi salah satu menu makanan yang paling banyak dicari serta dinikmati baik oleh orang di dalam negeri maupun Mancanegara. Selain itu masih banyak lagi menu masakan tradisional lain yang juga dikenal oleh banyak orang, seperti sate Madura, seblak Bandung, Coto Makassar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya makanan, minuman tradisional khas Indonesia juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Mungkin Agan dan Sista sendiri masih sedikit yang mengetahui jenis-jenis minuman tradisional Indonesia, berikut ini beberapa diantaranya yang wajib untuk Agan dan Sista coba.




1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh, tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan nama minuman tradisional khas Indonesia yang satu ini.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia, mulai dari jahe, kayu secang, batang dan daun cengkih, daun kayu manis, daun pala, kapulaga, dan gula batu.

Minuman ini merupakan minuman khas dari daerah Yogyakarta, telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari para leluhur terdahulu, dan saat ini banyak dijajakan sebagai oleh-oleh atau diperjualbelikan di pinggir jalanan Yogyakarta dan juga di cafe-cafe modern.

2. Teh Talua

Sebagaimana namanya yaitu teh talua, minuman ini terbuat dari bahan dasar teh yang ditambahkan gula, susu, dan telur yang dikocok dengan diberi sedikit perasaan jeruk nipis.

Minuman teh talua ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan menambah kebugaran, karena telur yang digunakan untuk membuat teh talua merupakan telur kampung.

Adapun asal dari teh talua sendiri yaitu berasal dari daerah Sumatera Barat, dan menjadi salah satu minuman warisan leluhur karena teh talua pada zaman dahulu hanya dapat dinikmati oleh para kaum bangsawan sebelum akhirnya saat ini bisa dinikmati oleh semua orang karena dapat dipesan di rumah makan Padang yang ada di daerah Sumatera Barat.

3. Wedang Ronde

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa wedang ronde adalah minuman khas tradisional Indonesia, ternyata minuman ini bukanlah minuman asli Indonesia melainkan minuman yang diadopsi dari makanan tradisional China yang memiliki nama asli Tangyuan.

Wedang ronde atau tangyuan terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air, dibentuk bola-bola kecil dan disajikan dengan kuah yang manis.

Memiliki sejarah yang cukup panjang, wedang ronde memiliki arti dan makna khusus bagi orang-orang China. Bahkan di setiap tanggal 15 bulan 1 penanggalan Imlek diadakan acara festival lampion, dimana masyarakat China dikhususkan untuk membuat wedang ronde untuk persembahan bagi dewanya.

4. Bajigur

Bagi masyarakat Sunda tentu sudah sangat akrab dengan minuman tradisional Bajigur karena memang minuman ini merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Sunda.

Bajigur terbuat dari bahan utama gula aren dan santan, kemudian ditambahkan sedikit jahe, garam, dan daun pandan wangi untuk menambah cita rasa.

Di era modern ini bajigur juga memiliki inovasi baru GanSis, bukan hanya terbuat dari gula aren dicampur dengan santan saja melainkan juga bisa dicampur dengan kopi atau juga bubuk vanila.



Itulah tadi GanSis sekilas tentang minuman tradisional Indonesia yang berasal dari berbagai daerah yang wajib sekali untuk Agan dan Sista coba.

Indonesia memang bukan hanya kaya akan adat, seni dan budaya, melainkan juga kaya akan makanan serta minuman tradisionalnya yang sudah ada sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta referensi Agan Sista untuk jenis-jenis minuman tradisional Indonesia.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
radio.head911
cheria021
keenan09
keenan09 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan