valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Warga Tuntut Bisa Segera Huni Kampung Susun Bayam, JakPro Janji Maret 2023


Jakarta - Warga calon penghuni Kampung Susun Bayam menuntut segera bisa masuk ke hunian yang baru diresmikan Oktober kemarin. PT Jakarta Propertindo (JakPro) berjanji ke warga, Kampung Susun Bayam bisa dihuni mulai Maret 2023.

"Kita garansi kalau Maret, kita buat sebuah kebijakan internal yang mengharuskan JakPro membawa, menjalankan kebijakannya sementara hingga transisi Pemprov," kata Community Development (JakPro) Hifdzi Mujtahid kepada wartawan di Kampung Susun Bayan, Jakarta Utara, Senin (21/11/2022).

"Jadi ini kan masalah prediksi saja, jadi diprediksi awal kita memprediksi bahwa dalam satu bulan kita bisa mengupayakan hal yang lebih mudah. Namun, setelah kita komunikasi dengan dinas-dinas terkait, ternyata cukup rumit dan ada beberapa step yang kita terlewat. Nah, estimasi 1 Maret itu kita menghitung paralel JakPro akan membuat kebijakan sendiri," imbuhnya.


Hifdzi mengatakan warga menolak harus menunggu tahun depan untuk bisa menghuni Kampung Susun Bayam. Dia juga menyebut warga sempat diusulkan menempati rusun lain di Jakarta namun menolak.

"Harusnya (bisa menempati hunian di Maret 2023), kalau warga mau bersabar, tapi kan warga tidak bisa menerima sampai Maret kan. Sebenarnya opsinya kita juga sudah koordinasi dengan Dinas Perumahan, warga mau nggak kalau rusun-rusun yang lain? Kan warga nggak mau, warga maunya hanya Kampung Susun Bayam. Pertanyaan saya kalau misalnya warga mau mempermudah untuk masalah kehidupan saja, kita bisa pakai rusun yang lain, tapi kan warga nggak mau, warga maunya Kampung Susun Bayam," tuturnya.

Dia mengatakan Kampung Susun Bayam ini menerapkan sistem sewa yang berbeda dengan rusun-rusun lain. Hifdzi juga menyampaikan pergub yang sudah ada tidak mencakup Kampung Susun Bayam.

Sehingga, lanjut dia, perlu ada penyesuaian aturan internal JakPro. Dia mengatakan pembuatan kebijakan internal itu perlu waktu.

"Proses pembuatan internal kebijakan juga butuh protes juga. Jadi kita tahu output-nya kita adalah akan bersama-sama dengan Pemprov. Tapi untuk sementara waktu kita inginnya paralel JakPro supaya bisa membenahi warga masuk dulu dengan kebijakan JakPro. Nah, kebijakan JakPro membuat ini kan perlu ada kajian. Kita nggak bisa tiba-tiba besok masuk, harga sekian, nggak bisa," ujarnya.

"Ada bahasa mengupayakan untuk tanggal 20 itu bisa masuk. Mengupayakan. Itu yang harus digarisbawahi," ucapnya.


Hifdzi mengatakan JakPro dan Pemprov DKI tengah menggelar rapat terkait penempatan warga Kampung Susun Bayam. Hasil rapat itu akan disampaikan kepada warga Rabu (23/11) lusa.

"Untuk disampaikan hasil dari kebijakan kita seperti apa, hari Rabu minggu ini rencana. Jadi kita sudah cukup mengupayakan lebih cepat ya, hari ini ketemu, Selasa kita rapat internal, Rabu kita sampaikan hasilnya seperti apa, kita sampaikan Rabu," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Koperasi Persaudaraan Warga Kampung Bayam, Asep Suwenda (54), menyampaikan, saat peresmian pada Oktober lalu, calon penghuni dijanjikan bisa menempati Kampung Susun Bayam per 20 November.

"Ini rencana kita mau nuntut penyerahan kunci sesuai dengan pernyataan dari pihak JakPro dan pihak Pemprov dan disaksikan waktu itu ada Pak Lurah, sama staf Lurah pada tanggal 20 (November). Itu dinyatakan di dalam satu ruangan, penyerahannya sekarang. Waktu pernyataan itu dibuat bulan Oktober kemarin, dan itu dinyatakan di dalam kantor dalam situasi kita rapat. Artinya kan itu pernyataan resmi dari pejabat JakPro dan Pemprov," kata Asep kepada wartawan di JIS, Jakarta Utara.

Asep mengatakan warga sudah menunggu penyerahan kunci hunian Kampung Susun Bayam tersebut. Namun kunci hunian itu tak kunjung diberikan kepada warga.

"Tapi sampai hari ini, sampai kemarin, kita tunggu-tunggu nggak ada realisasi penyerahan kunci itu. Kita nggak ngerti kendalanya seperti apa dan bagaimana kendalanya, kita nggak tahu, karena memang itu bukan ranah kita," ujarnya.

Dia mengatakan warga calon penghuni Kampung Susun Bayam juga sudah terverifikasi. Dia menuturkan nomor hunian setiap warga juga sudah dibagikan.

"Tapi yang jelas di sini kita warga ini, calon penghuni sudah terverifikasi semua, terverifikasi dan mendapatkan nomor unit hunian, udah resmi. Artinya, udah tinggal pindah saja. Sekarang kendalanya gimana?" ucapnya.

https://news.detik.com/berita/d-6417...nji-maret-2023

Jakpro sudah ikut-ikutan pak anies dengan bahasa muter-muter ga jelas.. emoticon-Malu (S)



Seperti kata pepatah.. Dunia ini tidak seindah kata-kata pak anies.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
xneakerz
mahfudz.umri
bas4ra
bas4ra dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan