Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diesviAvatar border
TS
diesvi
KKB Papua Intan Jaya Tolak Dialog Jakarta-Papua di Genewa Swiss
Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB-OPM ) Kodap VIII Intan Jaya secara tegas menolak dialog antara Komnas HAM dengan Pemerintahan Sementara Papua Barat ( ULMWP ) dan Majelis Rakyat Papua ( MRP ) yang akan berlangsung di Genewa Swiss.

Rencana dialog dengan melibatkan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua tersebut disertai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang Jeda Kemanusiaan.

Penolakan dialog antara Komnas HAM dengan ULMWP dan MRP disampaikan Panglima Kodap VIII Intan Jaya Undius Kogeya dan Wakil Panglima Kodap VIII Intan jaya Apeni Kobogau melalui video dalam bahasa Papua kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh staf personalia KOMNAS TPNPB-OPM.

Video berdurasi 7 menit 24 detik itu diunggah oleh akun Rimbah Hutan 61. Tampak Undius Kogeya dan Apeno Kobogau di ruangan khusus yang diduga sebagai markas TPNPB Kodap VIII Intan Jaya. Selain bendera Bintang Kejora, di markas tersebut terdapat beberapa senjata laras panjang.

Sikap TPNPB Kodap VIII Intan Jaya tersebut telah disampaikan kepada Manajemen Markas KOMNAS TPNPB-OPM pada Jumat 18 November 2022. Kemudian pernyataan sikap TPNPB Kodap VIII Intan Jaya disebarkan oleh juru bicara KOMNAS TPNPB-OPM Sebby Sambom.

"Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM telah terima dokument resmi dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, wilayah Pertahanan Komando Daerah VIII Intan Jaya tentang Pernyataan Penolakan atas MoU Genewa Swiss November 2022 di antara KOMNAS HAM RI, ULMWP dan MRP," demikian pernyataan KOMNAS TPNPB-OPM.

Dalam pernyataannya, TPNPB Kodap VIII Intan Jaya mengatakan bahwa menolak tegas perjanjian (MoU Jeda Kemanusiaan) yang sepihak, tanpa melibatkan aktor utama konflikp Perang di Papua.

Oleh karena itu kami dari Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM sampaikan bahwa semua pihak boleh ikuti Pernyataan TPNPB KODAP VIII Intan Jaya dibawah ini…!!! The TPNPB-OPM News: Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka Kodap VIII Intan pernyataannya mereka mengatakan bahwa menolak tegas Perjanjian (MoU Jeda Kemanusiaan) yang sepihak, tanpa melibatkan Aktor Utama Konflik Perang di Papua.

"TPNPB Kodap VIII Intan Jaya menyampaikan kepada pemimpin partai dan organisasi baru yang mengatasnamakan Papua Merdeka, yaitu seperti ULMWP, WPA, TWRP, MRP dan lainnya yang ingin dialog Jakarta-Papua dengan Komnas HAM RI tanpa melibatkan aktor utama pelaku konflik di tanah West Papua, maka kami TPNPB Kodap VIII Intan Jaya atas nama rakyat bangsa Papua dan juga atas nama TPNPB di 34 Komando Daerah Pertahanan, secara tegas menolak dialog Jakarta-Papua yang sedang dan akan di lakukan di Genewa Swiss," kata Undius Kogeya.

Undius Kogeya mengatakan, jika pernyataan sikap TPNPB Kodap VIII Intan jaya tidak diakui atau diabaikan, maka pihaknya akan eksekusi mati orang-orang yang mengatasnamakan Papua untuk dialog Jakarta-Papua bersama Komnas HAM.

"Kami akan melakukan operasi besar-besaran di seluruh wilayah Papua, yaitu dari Sorong sampai Merauke. Kami tidak main-main,  kami akan lakukan hal itu," tegas Undius Kogeya.

Menurut Undius Kogeya, tujuan perjuangan bukan untuk meminta setengah merdeka. Bukan juga perdamaian antara Jakarta dan Papua, melainkan berjuang hanya untuk merdeka penuh di atas tanah kami, dan menyelamatkan kekayaan sumber daya alam untuk rakyat dan generasi West Papua.

Selain Undius Kogeya dan Apeni Kobogau, TPNPB Kodap VIII Intan Jaya dengan Komandan Operasi Karel Tipagaudan  Staff Operasi Apeletius Kobogau, Lewis Kogeya dan Agus Kogeya.

Adapun penanggungjawab tertinggi Komando Perang TPNPB yang diakui KOMNAS TPNPB-OPM adalah Panglima Tinggi Gen Goliath Naaman Tabuni dan Komandan Operasi UmumLekagak Telenggen.

https://kupang.tribunnews.com/2022/1...i-genewa-swiss
pilot.mirage449
accretia8
gabener.edan
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
2
858
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan