vaklentineAvatar border
TS
vaklentine
Upaya Bela Diri Benny Tjokro demi Lolos dari Tuntutan Mati


Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro menghadapi tuntutan hukuman pidana mati. Benny Tjokro pun menyampaikan pembelaannya agar bisa lolos dari tuntutan mati.

Benny Tjokro dituntut pidana mati karena dinilai terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam skandal kasus PT ASABRI yang merugikan negara hingga Rp 22,7 triliun.

"Menuntut mohon majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini dapat memutuskan, menyatakan Terdakwa Benny Tjokrosaputro telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan pemberatan secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang," ujar jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (26/10).

Baca juga:
Benny Tjokro Klaim Beri Keuntungan Triliunan Rupiah ke PT Asabri

"Menghukum Terdakwa Benny Tjokro dengan pidana mati," ujar Jaksa.

Benny Tjokro diyakini jaksa bersalah melanggar Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana dan Pasal 3 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.


Benny Tjokro juga dituntut dengan pidana uang pengganti Rp 5.733.250.247.731 dengan ketentuan dalam hal terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama 1 bulan setelah putusan inkrah, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Sementara itu, Benny Tjokro telah divonis seumur hidup dalam kasus korupsi PT Jiwasraya.


Siapkan Ribuan Halaman Pembelaan

Benny Tjokro menyiapkan 3.675 halaman untuk membela diri dalam perkara dugaan korupsi di PT ASABRI.

"Ada 3.675 halaman, apabila diperkenankan kami akan membacakan intisarinya saja, Yang Mulia," kata tim kuasa hukum Benny.

Tim kuasa hukum akan membacakan intisari dari nota pembelaan itu. Jaksa penuntut umum pun mengaku tidak keberatan.

"Apakah ada keberatan dari jaksa penuntut umum?" tanya hakim.


Baca juga:
Jaksa Tuntut Mati Benny Tjokro: Kerugian Keuangan Negara Besar


"Dari kami tidak ada, Yang Mulia," jawab jaksa.

Tim kuasa hukum menyebut Benny Tjokro akan menyampaikan sendiri pembelaannya. Pembelaan Benny Tjokro berjumlah 5 halaman.

"Dari terdakwa dulu 5 halaman," katanya.
Bandingkan Dosa Mantan Dirut ASABRI

Benny membandingkan 'dosa' mantan direktur utama ASABRI yang lebih berat dibanding dirinya, tapi tak dihukum mati.

Benny mulanya ingin menyampaikan 'unek-unek' kepada majelis hakim. Dia mengaku merasa dirugikan atas proses hukum perkara perusahaan pelat merah ini.


Baca juga:
Benny Tjokro Dituntut Mati Sebab Korupsi Berulang dan Rugikan TNI-Polri


"Saya melalui kesempatan ini menyampaikan unek-unek kepada Yang Mulia Majelis Hakim, bagaimana saya sudah dirugikan atas proses hukum yang tebang pilih yang dilakukan oleh penyidik Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan jaksa penuntut umum dalam perkara ini," kata Benny saat membacakan pleidoi.

Benny mengklaim telah memberikan keuntungan kepada PT ASABRI sebesar triliunan rupiah. Namun, kata Benny, dia malah diadili atas dosa-dosa yang dilakukan internal PT ASABRI dengan tuntutan pidana hukuman mati.

"Bagaimana tidak, saya memberikan keuntungan-keuntungan nyata kepada PT ASABRI berupa Rp 2.654.427.717.847 maupun Rp 1.295.991.763.000 dan dengan nilai estimasi harga Rp 1.441.223.300.000 sampai dengan Rp 5.516.200.000 yang memiliki nilai ekonomi, justru dituntut atas dosa-dosa yang dilakukan oleh internal PT ASABRI, bahkan saya dituntut dengan pidana mati oleh jaksa penuntut umum," kata Benny.

Baca artikel detiknews, "Upaya Bela Diri Benny Tjokro demi Lolos dari Tuntutan Mati" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6410...tuntutan-mati.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


bikin pensiunan TNI polri rugi sampai hampir 23 triliun emoticon-Imlek
gmc.yukon
dragunov762mm
jerryreality419
jerryreality419 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan