mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jokowi Sangat Khawatir China Invasi Taiwan: Jangan Tambah Ruwet

Jokowi Sangat Khawatir China Invasi Taiwan: Jangan Tambah Ruwet

Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada penutupan B20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Foto: Dok. Kadin Indonesia

Presiden Jokowi angkat bicara terkait upaya kooprtasi China terhadap Taiwan. Jokowi sangat khawatir China invasi Taiwan yang akan menambah konflik dunia di tengah peperangan Rusia dan Ukraina.

"Saya sangat khawatir mengenai itu. Kompetisi itu hal yang normal, rivalitas hal yang biasa antarnegara. Tapi yang paling penting, jangan jadi sebuah konflik terbuka," kata Jokowi dikutip dari laman Instagram @jokowi saat wawancara dengan The Economist, Minggu (20/11).

Ia menekankan, masih banyak dampak konflik Rusia dan Ukraina yang membuat sejumlah negara kesulitan. Ia tegas menolak invasi negara terhadap negara lain, apa pun alasannya

"Indonesia ingin dunia yang damai, jangan sampai perang Ukraina belum selesai, menambah masalah lagi di kawasan lain," ungkap Jokowi.

"Ini menambah ruwet kita semua. Menambah pusing kita semua," jelas dia.

Seorang prajurit memegang bendera Taiwan sebagai bagian dari dekorasi pada upacara penyambutan Presiden Palau Surangel Whipps di Taipei, Taiwan, Kamis (6/10/2022). Foto: Ann Wang/REUTERS

Selama dua tahun terakhir, Taiwan telah menjadi kepulauan demokratis yang memiliki sistem pemerintahannya sendiri dan dipimpin oleh Presiden Tsai Ing-wen. Selama itu pula, Taipei berupaya untuk menegakkan kedaulatan negaranya sendiri, namun dikecam oleh China.

Oleh karenanya, Taiwan dalam beberapa tahun terakhir harus menghadapi ancaman militer dan politik dari China. Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari kedaulatannya namun sedang memberontak.

Di sisi lain, pemerintah Taipei menegaskan bahwa hanya penduduknya sendiri yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Menlu Taiwan Joseph Wu mengatakan China akan meningkatkan serangan diplomatik terhadap Taiwan usai Kongres Partai Komunis rampung bulan lalu. Xi Jinping terpilih menjadi Presiden untuk periode ketiga pada kongres tersebut.

https://kumparan.com/kumparannews/jo...full/gallery/2

Sementara itu dlaam keterangna kepada The Economist, Presiden Jokowi mengutarakan pendapatnya soal Rusia dan Ukraina
Jokowi: Sanksi untuk Rusia Bukan Solusi Terbaik

Presiden Jokowi memberi sambutan di rangkaian acara KTT G20 yang digelar di Bali, Senin (14/11/2022). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Negara-negara Barat telah menjatuhkan sanksi ke Rusia terkait serangan ke Ukraina.  Presiden Joko Widodo berpandangan sanksi bukan solusi terbaik. Hal ini ia sampaikan dalam wawancara dengan The Economist.

Menurut Jokowi, pentingnya duduk bersama para pihak untuk menyelesaikan masalah. Terkait sanksi yang diberikan, lanjut dia, bisa saja akan menambah masalah baru.


Seorang warga berjalan di dekat rumahnya yang dihancurkan oleh tembakan Rusia, di Siversk, wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu (6/11/222. Foto: Oleksandr Ratushniak/Reuters

"Yang paling penting bisa duduk bersama, menyelesaikan masalah, bukan menambah masalah. Menambah ketegangan. Sanksi bukan solusi terbaik," kata Jokowi dikutip dari laman Instagramnya, Minggu (20/11).

Jokowi mengatakan, tentu saja dalam hal ini yang akan menjadi korban adalah rakyat. Menurutnya, sesulit apa pun masalahnya bisa selesai apabila saling berbicara satu sama lain.

"Karena nanti warga rakyat yang akan jadi korban. Sesulit apa pun masalahnya akan bisa diselesaikan apabila kita mau saling bicara, duduk bersama, dialog, cari solusi win-win. Itu," jelasnya.

"Menurut saya ya [Sanksi bukan solusi]," sambungnya.

Apakah Putih mau berdialog terkait Ukraina?

"Kita belum tahu, tapi ruang dialog itu diperlukan, tukar pikiran. Kalau tidak ada ruang dialog, tidak bertemu, sangat sulit mendapatkan solusi yang baik bagi kawasan, dunia, utamanya dalam atasi krisis pangan, energi, finansial, biaya hidup," jawab Jokowi.

https://kumparan.com/kumparannews/jo...HmtvXK9ST/full
Sanksi bukan solusi. Itulah mengapa di ASEAN tak ada sanksi. Adanya dialog
muhamad.hanif.2
s.c.a.
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan