Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Jokowi tidak Mau KTT G20 Masuk Daftar Sejarah Kegagalan Dunia


MerahPutih.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan tegas saat membuka KTT G20 Nusa Dua, Bali. Jokowi secara lantang menegaskan tidak mau KTT G20 kali ini menambah panjang catatan sejarah kegagalan dunia.

Menurut Jokowi, segala pembahasan dalam pertemuan KTT G20 yang berlangsung di Bali mulai hari ini tidak boleh mengalami kegagalan, guna menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.



“Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” tegas Jokowi, di hadapan para pemimpin dan delegasi negara-negara G20, dalam pidato pembukaan KTT G20 Sesi I yang akan membahas kondisi ekonomi global, ketahanan pangan, dan energi, di The Apurva Kempinski Bali, Selasa (15/11).

Kepala Negara menekankan sebagai Presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan sangat lebar.



Namun, lanjut Jokowi, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika semua pemimpin dan delegasi, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

Jokowi juga mencermati persoalan pupuk yang saat ini menjadi perhatian dunia, terkait soal pupuk yang tidak boleh dianggap sepele. Alasannya, kelangkaan dan mahalnya harga pupuk dapat meningkatkan harga pangan di berbagai belahan dunia.



Menurut Jokowi, negara-negara G20 harus segera mengambil langkah konkret, agar persediaan tercukupi dan harga terjangkau. Jika tidak, maka tahun 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram.


Sumber
newsbolaskor
side.id
azhuramasda
azhuramasda dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan