Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
5 Masalah Sering Terjadi Pada Mobil 5 Tahun (Solusi Dan Penanganannya)


Bukan hanya motor, mobil pun punya batas waktu pemakaian beberapa komponen yang harus diperhatikan karena semuanya memiliki batas ambang pakai, itulah mengapa perbaikan atau penggantian beberapa part dilakukan jika usia mobil tidak lagi muda, butuh perawatan ekstra.


Perhatian lebih pun harus dilakukan sebelum usia 5 tahun karena mungkin mobil yang sering digunakan setiap hari untuk kerja keras atau kamu membeli sebuah mobil bekas, tentu performa mobil lama-kelamaan akan menurun dan mengurangi kenikmatan saat berkendara.

Nah, apa saja bagian tersebut? Berdasarkan pengalaman dan masukan dari teman inilah beberapa bagian yang harus diperhatikan.

PERTAMA.



Kaki-kaki mulai bermasalah. Mobil telah mencapai usia 5 tahun biasanya kerap timbul masalah pada bagian kaki-kaki terutama mobil yang sering melewati jalan keriting dan rusak. Bagian pada tie rod end, long tie rod, shock absorber, ban, piringam cakram tidak lago rata dan velg bisa jadi bermasalah, terlebih jika gaya pengendaranya buruk sebelum umur 5 tahun mungkin sudah harus dilakukan pemeriksaan.

Tanda umum kaki-kaki mulai bermasalah bermacam-macam seperti setir bergetar, mobil lari ke kanan-kiri saat berjalan, atau ada bunyi-bunyi mengganggu saat setir dibelokkan.


KEDUA.



Masalah pada transmisi baik transmisi manual atau pun otomatis. Tanda trasnmisi mulai nermasalah adalah respons kendaraan yang lambat, ada suara aneh saat mengganti gigi pada mobil manual, susah pindah gigi, cairan transmisi yang bocor pada mobil matic, hingga yang tergolong berbahaya seperti pemindahan gear transmisi yang mulai slip, menyebabkan transmisi jadi normal saat mobil sedang berada dalam kecepatan tinggi, berbahaya jika tanda ini kamu alami segera saja masuk bengkel.


KETIGA.



Oli mesin mulai rembes. Suara mesin mobil di usia 5 tahun ke atas biasanya sudah tidak sehalus mesin baru, apalagi kalau gaya pengendaranya buruk, kasar dan sering mengebut. Efek jangka panjangnya akan berakibat oli mesin jadi bocor. Kebocoran bisa saja terjadi pada sistem pelumasannya berakibat volume oli akan berkurang. Berbahaya.

Semakin sedikit oli pada tempatnya maka oli tidak terdistribusi merata kebagian-bagian mesin, jadi rentan rusak dan fatal. Oli yang rembes dan mentes menyebabkan bau tidak sedap jika tercium didalam kabin dan pastinya membahayakan orang lain jika oli menetes di sepanjang jalan.


KEEMPAT.



Karet-karet mulai getas. Saat usia mobil mulai lima tahun atau lebih, biasanya bagian karet pada mobil mulai getas (tidak lentur cenderung kaku), terlebih mobil sering diterpa panas diparkiran berjam-jam.

Karet yang mulai getas tentu tidak maksimal melindungi celah yang ditutupinya sehinga ketap terjadi rembesan air misalkan pada atap sunroof, tingkat kedap suara berkurang, timbul suara aneh atau bising pada celah tertentu, harus diperhatikan terutama semua karet pada bagian terluar.


KELIMA.



Masalah kelistrikan jangan dianggap sepele karena bisa berakibat fatal bahkan kebakaran. Masalah lain yang kerap timbul umumnya adalah mesin mobil yang susah distarter, AC sering tidak dingin, lampu sering mati, audio bermasalah, kerja eletrik door atau jendela bermasalah dan lainnya.

Sebaiknya segera melakukan pengecekan kondisi atau kesehatan aki dan perkabelan mobil bisa jadi karena aki akan soak, terminal aki yang berkarat/kotor dan kendor, injektor bahan bakar bermasalah, ada jarak antara kepala busi dan sumbu busi, kompresi mesin yang terlalu rendah, kulit kabel yang terkelupas/putus, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan pemeriksaan kopling, tali kipas, timing belt, kaki-kaki, oli transmisi, dan kondisi ban juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mungkin jika.kami repot bisa saja meminta jasa seorang inspeksi mobil dan bawa kebengkel terpercaya untuk melakukan perbaikan.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-11-2022 11:03
andrah.aja
azhuramasda
Okutet
Okutet dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan