Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Stasiun TV Indonesia yang Sudah Tutup dan Berganti Nama, Lativi Pemersatu Bangsa


Perkembangan dunia pertelevisian Indonesia sudah dimulai sejak 1962 dengan berdirinya Televisi Republik Indonesia (TVRI) hingga sekarang telah memasuki era tv digital yang beralih dari analog. Adapun stasiun tv swasta pertama di Indonesia adalah RCTI pada 1989.

Saat ini stasiun tv swasta di Indonesia yang bersiaran secara nasional ada RCTI, MNCTV, SCTV, Indosiar, antv, Metro TV, Trans TV, Trans 7, Kompas TV, GTV, NET, RTV, iNews, dan Moji. Namun, ada beberapa stasiun tv yang tutup dan ada yang berganti nama setelah alih kepemilikan. Berikut ini adalah lima stasiun tv tersebut.

TV7


TV7 didirikan pada 2001 dan dimiliki oleh Kompas Gramedia. Banyak acara TV7 yang bertema edukasi dan nasional. Pada 2006, Trans Corp membeli saham TV7 dan namanya pun diubah menjadi Trans 7. Pergantian nama tersebut tidak terlalu mempengaruhi acara-acara Trans 7, tetap lebih mementingkan edukasi dan entertainment dan sebagian acara TV7 tetap dipertahankan hingga sekarang.

Lativi

Lativi didirikan pada 2002 dan dimiliki oleh pengusaha Abdul Latief. Acara-acara yang ditayangkan biasanya berbau erotis dan juga film-film lawas. Lativi sempat bekerjasama dengan Nickelodeon dan memperkenalkan Spongebob di Indonesia. Dulu Lativi juga pernah menayangkan WWE sampai akhirnya dilarang.

Pada 2007, Lativi ditutup dan berubah menjadi tvOne setelah sahamnya dibeli oleh Bakrie. Lativi menjadi tvOne dan berubah jadi tv khusus berita.

TPI


Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) didirikan oleh Mbak Tutut pada 1991 dengan tujuan awal sebagai media pembelajaran jarak jauh anak-anak sekolah. Namun TPI kemudian lebih sering menayangkan acara hiburan termasuk dangdut. Dalam perjalanannya, TPI dibeli sahamnya oleh MNC milik Hary Tanoe. Karena namanya sudah tidak sesuai dengan isi konten , TPI berubah nama menjadi MNCTV pada 20 Oktober 2010.

Spacetoon


Spacetoon adalah stasiun tv khusus anak yang menayangkan berbagai serial kartun. Berdiri pada 2005, Spacetoon merupakan bagian dari Spacetoon International. Pada 2013, Spacetoon izin frekuensinya dibeli oleh NET Mediatama lalu berubah menjadi NET atau yang biasa kita sebut net tv. NET menjadi tv yang menargetkan kalangan menengah ke atas.

B Channel


B Channel didirikan pada 2009 oleh Rajawali Corpora dan awalnya hanya bersiaran di Jakarta. Acara-acaranya banyak impor seperti Masterchef Australia, American Idol, program variety show dari Korea Selatan, dll. Pada 2014 B Channel berganti nama menjadi Rajawali Televisi (RTV) dan kemudian lebih banyak menayangkan acara untuk anak-anak seperti anime, kartun, bahkan tokusatsu.

Nah, gan ada stasiun tv lainnya nggak? emoticon-Big Grin

Referensi

hallowwolf94
over.power
iblast867583
iblast867583 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
8.7K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan