ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Krisis Kemanusiaan di India, Tragisnya Hidup Kaum Dalit


Mungkin agan sista sudah tahu tentang sistem kasta dalam agama Hindu. Di masa lampau, untuk melindungi kemurnian ras bangsa Arya yang dianggap ras terbaik dari bangsa Dravida yang paling rendah, Hindu membagi manusia ke dalam empat kasta. Kasta sendiri berasal dari bahasa Portugis yang artinya pembagian masyarakat.

Ada empat kasta dalam agama Hindu yakni Brahmana, Kstaria, Waisya, dan Sudra. Kasta seseorang tergantung pada pengetahuan, keahlian, profesi, dan tanggung jawabnya sehingga kasta seseorang bisa berubah naik dan turun alias dinamis.

Namun ada satu pengecualian dari sistem kasta tersebut yakni kasta nomor lima yang paling rendah, kasta Dalit.



Dalit adalah sebuah kasta di India yang diharamkan untuk disentuh. Mereka percaya bahwa dalit merupakan orang-orang yang tidak memiliki varna alias bagian-bagian tubuh dewa saat dilahirkan sehingga secara praktis menjadikan Dalit sebagai kaum paling rendah di India. Hal ini membuat mereka hidup amat menderita karena mendapat perlakuan tak manusiawi di sana.

Serendah apa posisi Dalit? Coba bayangkan hal paling buruk yang bisa dilakukan satu manusia pada manusia lain, kaum Dalit mungkin pernah mengalami 80% di antaranya. Dibunuh, dirudapaksa, dipukuli, dirampok, diperlakukan seperti kotoran, dll. Sumpah, imajinasi Anda mungkin nggak ada apa-apanya dengan perlakuan yang mereka terima. (disentuh nggak boleh, dirudapaksa boleh???)



Kaum Dalit seolah sama sekali tak punya hak asasi manusia di India. Tak jarang mereka disuruh menggunakan penampung air liur agar ludah mereka tak berceceran dan tak jarang pula mereka berjalan dengan sapu di belakang agar jejak kaki mereka yang dianggap haram terhapus dari tanah. Yang paling parah, apa pun yang terjadi pada mereka seolah menjadi angin lalu bagi polisi maupun pemerintah.

90% masyarakat Dalit adalah orang yang amat miskin dan 95% bahkan tak bisa membaca. Mereka ini benar-benar kaum yang tersingkirkan. Banyak tempat yang tak mau menerima dalit dan mereka juga dilarang untuk kaya, tak jarang mereka dibunuh hanya karna membeli kuda.



Seorang dalit tak bisa naik kasta, status mereka akan tercatat di akte lahir (kalau punya) dan bahkan diberi nama khusus agar orang-orang tahu bahwa mereka adalah dalit. Ada banyak orang dan organisasi yang mencoba menghapuskan hal tidak manusiawi ini, tetapi diskriminasi pada dalit seolah sudah mendarah daging.

Dan yang melakukan diskriminasi bukan hanya Hindu, agama-agama lain juga mendiskriminasi kaum Dalit di sana. Karena mayoritas mendiskriminasi Dalit, yang lain pun ikut-ikutan sehingga perlakuan ini semakin menyebar. Sesungguhnya satu-satunya cara bagi kaum Dalit untuk lepas dari diskriminasi adalah dengan meninggalkan India.

Konten Sensitif


Saya tak tahu mengapa dunia tutup mata terhadap perlakuan kaum dalit, tapi saya percaya masyarakat India suatu hari akan menelan akibat dari perbuatan mereka. Coba bayangkan kalau suatu hari Kaum Dalit tak tahan lagi dengan perlakuan tersebut dan mulai melempari batu pada semua orang yang tak peduli pada mereka. Jumlah kaum Dalit yang lebih dari 150 juta itu akan cukup untuk menghancurkan India dari dalam.

Yeah, semoga kita semua yang membaca ini sadar akan buruknya diskriminasi. Diskriminasi tak akan pernah berakhir baik, sebaiknya hentikan sebelum tergigit.
Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumursumur
Diubah oleh ih.sul 15-11-2022 09:25
MemoryExpress
gpandita
damel88
damel88 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.8K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan