Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Sambut Hari Pahlawan Dengan Jihad Sosial
Sambut Hari Pahlawan Dengan Jihad Sosial

Perjuangan tak mesti dilakukan di medan perang yang luas, kita dapat berjuang di medan kita masing-masing. Beberapa hal mungkin dianggap sepeleh namun sebenarnya jika konsisten dilakukan akan dapat memberi dampak signifikan. Perjuangan bahkan bisa dilakukan lewat hal-hal, seumpama:

1. Menafkahi Keluarga

Menafkahi keluarga adalah memastikan mereka dapat hidup sepantasnya walau kau harus bermandi keringat dan debu di luar sana. Menafkahi keluarga adalah hal prioritas paling utama yang harus kamu penuhi. Setidaknya, mereka tidak terlunta-lunta hidupnya. Keluarga yang dimaksud di sini adalah orang tua, istri, anak-anak, sepupu, adik atau saudara kandung dan lain sebagainya. Jadi, memenuhi kebutuhan keluarga dekat adalah salah satu bentuk perjuangan. Paling tidak, mengurangi kemiskinan bawaan di lingkungan terdekat adalah wujud kontribusi untuk mengurangi kemiskinan secara luas.

2. Membagi Makanan Kepada Sesama

Membagi makananmu pada mereka yang tampak lebih menderita darimu sekalipun kau baru saja mendapatkan makanan tersebut dengan berusah-payah. Perbuatanmu itu tak membuatnya serta-merta kaya, tapi setidaknya kau telah membangkitkan harapan hidupnya pada hari itu. Membagi makanan juga adalah bentuk perjuangan yang paling sederhana dan mudah. Banyak orang-orang yang bahkan buat makan saja susah. Sesekali bagilah itu pada mereka yang benar-benar membutuhkan dan kelaparan. Dulu saat perang mempertahankan kemerdekaan berkecamuk, banyak juga kok pahlawan yang tugasnya di dapur-dapur umum untuk menyiapkan makanan buat para pejuang. Jadi, tidak semuanya berperang dan pegang senjata.

3. Melunasi Hutang

Menuntaskan hutang-hutangmu adalah salah satu pilihan yang juga bisa dilakukan. Sedikit pun, utang adalah harga diri yang tertawan di tangan orang lain. Berjuanglah untuk menjemput harga dirimu kembali. Dengan melunasi hutang sedikit demi sedikit dengan tidak langsung kamu sudah membantu orang lain memperbaiki ekonominya dan melancarkan perputaran uang di pasar. Hutang yang kamu bayarkan itu bisa jadi akan digunakan juga untuk menjalankan usaha orang yang memberimu pinjaman tadi.

Mari nyalakan semangat juang dalam diri kita masing-masing. Berdayalah agar kita tak cuma seonggok kerangkong yang diberi nyawa. Berkontribusilah meskipun hanya sesuatu yang sederhana.

Nah bagaimana nih agan dan sista? Sudah siap untuk jihad sosial kah? Ayo mulai lah dari sekarang.

Selamat hari pahlawan !!

Sumber :
Ulasan pribadi

caerbannogrbbt
gramediapubl701
spay21
spay21 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan