los.comandosAvatar border
TS
los.comandos
Heru Budi Targetkan Bisa Tuntaskan Normalisasi Sungai Ciliwung Sepanjang 4,8 KM


TEMPO.CO, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan merampungkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 4,8 kilometer. Target itu dia tetapkan selama memimpin Ibu Kota.

"4,8 kilometer, itu panjangnya," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 8 November 2022.

Heru menjabat Pj Gubernur Jakarta sejak 17 Oktober 2022. Dia bakal menjadi nakhoda Jakarta selama satu tahun. Kepala Sekretariat Presiden ini lantas fokus pada tiga masalah, yaitu penanggulangan banjir, mengatasi kemacetan, dan menata kota.

Salah satu yang gencar dilakukan Heru adalah melanjutkan normalisasi Kali Ciliwung. Sebelumnya, normalisasi Kali Ciliwung mandek sejak era mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Pemerintah DKI bahkan telah mengalokasikan anggaran pembebasan lahan normalisasi kali dalam Rancangan APBD DKI 2023. Menurut Heru, nilainya mencapai Rp 700 miliar untuk pembebasan lahan di empat kelurahan.

Pemerintah DKI bertanggung jawab membebaskan lahan normalisasi. Sementara itu, pengerjaan normalisasi sungai akan dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain normalisasi Kali Ciliwung, Heru juga berharap pada pembangunan bendungan Ciawi dan Sukamahi di Jawa Barat, serta outlet atau pintu keluar Sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) untuk mengatasi banjir Jakarta.

Dia menuturkan, bendungan Ciawi dan Sukamahi akan rampung Desember 2022. Heru juga bakal memperpanjang penetapan lokasi Sodetan Kali Ciliwung-KBT yang sudah kedaluwarsa. Dengan begitu, pengerjaan sodetan dapat diselesaikan.

"Sudah lumayan besar itu (mengurangi debit banjir Jakarta). Setidaknya bisa mengurangi 40 persen," ujar dia.

https://metro.tempo.co/amp/1654617/h...-48-kilometer?

Hatiku sedih, hatiku gundah
Tak ingin pergi berpisah
Hatiku bertanya, hatiku curiga
Mungkinkah kutemui kebahagiaan seperti di sini?
muhamad.hanif.2
sukakuda
za4d1
za4d1 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan