Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kisah Wajib Militer Di Berbagai Negara, Hal Nyata Yang Cukup Unik Di Dunia Militer






Hi sobat sejarah,

Untuk beberapa negara di dunia saat ini masih memberikan sistem wajib militer kepada warganya, lantas bagaimana kisah dari wajib militer yang ada di asia tenggara?

Thailand salah satu negara yang masih memberlakukan wajib militer kepada warganya, kalau di Indonesia memang tidak ada tapi kalau masalah bar-bar di Indonesia latihan tawuran ketika masih sekolah hingga duduk di DPR masih tetap lestari.

Lantas bagaimana awal sejarah wajib militer terbentuk? Siapa yang memulainya?



Pendidikan militer biasanya harus di ikuti oleh warganya sejak usia 18 hingga 27 tahun, nah awal mula sejarah wajib militer ini adalah Prancis.

Prancis membutuhkan tenaga tambahan ketika masa Revolusi Prancis, maka mereka memberlakukan wajib militer kepada warganya. Sebab saat itu Republik baru terbentuk, dan banyak pihak yang kontra dengan Revolusi.

Wajib Militer di Prancis ini diresmikan pada The Jourdan Law, pada 5 September 1798. Dalam undang-undang itu disebutkan setiap orang Prancis adalah prajurit, dan berhutang budi pada pertahanan bangsa.



Nah, wajib militer di Prancis ini terus ada hingga 200 tahun kedepan walau bentuknya berkali-kali berubah. Lalu dihentikan pada tahun 1996. Tapi di April 2019, oleh Presiden Emmanuel Macron wajib militer ini kembali diadakan.

Namun wamil sekarang di Prancis lebih santai, karena usia yang diberlakukan 16 tahun dan durasi wamil hanya 1 bulan. Ehh, cepet amat yak!

Lalu negara selanjutnya adalah negara yang memberlakukan wamil kepada warga wanita diantaranya ada Korea Utara, Suriname dan juga Israel. Bahkan mereka di ijinkan mengisi semua posisi termasuk bertempur.



Tapi kita fokus pada Israel aja, sebab ada Gal Gadot yang menjadi combat Instruktur sebelum jadi Wonder Woman. Menariknya di sini, semua prajurit dilarang menerima hadiah, apapun itu bentuknya.

Karena basicnya adalah peraturan anti suap untuk mencegah korupsi, tidak seperti di wakanda jabatan datang karena uang hasilnya institusi loyo dan kurang tenaga, yang ada malah kasus rekayasa yang bikin pusing sampe merinding.

Lanjut kita ke Korea Selatan, katanya sih wamil disini sudah ada sejak dinasti Goryeo dari 918 hingga 1392. Jadi awalnya banyak musuh invasi daerah mereka, lalu mereka bikin tentara cadangan yaitu rakyat jelata.



Sistemnya mirip tentara freelance, karena siap-siap kalau dibutuhkan saja, kemudian wamil berlanjut ke dinasti Joseon namun bisa tidak ikut dengan memberi imbalan kepada kerajaaan berupa kain.

Setelah kejatuhan dinasti Joseon, wamil mulai perubahan di 1894 ketika terjadi reformasi Gabo. Hasilnya yang ikut wamil wajib cowok dengan usia 18-35 tahun, tapi kalau cewek mau ikutan juga bisa. Durasinya sekitar 2 tahun tergantung dimana penempatannya bisa di angkata udara, laut atau darat.

Yang bikin gila dan unik sebenarnya adalah wamil di tetangganya Korea Utara, untuk cowok 10 tahun sedangkan cewek 7 tahun. Bayangin bisa tua dibarak militer itu.



Nah, yang egoisnya anak-anak elite politik Korut dibebaskan wajib militer. Awal wamil Korut sebelum perang Korea tahun 1950, tujuannya untuk tenaga cadangan militer.

Dulu imbalan wamil cukup besar, namun di era kim jong un makin menyusut dan wamil disana saat ini bersifat paksaan.

Nah terakhir nih negara yang akan gw bahas wamilnya adalah Thailand, dimana punya sistem paling aneh.



Jadi sistem wamil di Thailand ini bukan panggilan, paksaan apalagi imbalan tapi undian, ya mungkin disono memang gila judi dan percaya hoki kali ya!

Jadi disana setiap April ada yang namanya draft day, hari undian kartu. Nah, cowok-cowok yang udah 21 tahun wajib dateng dan mengambil satu kartu yang dimasukin ke dalam kotak.

Kalau pas diambil keluar kartu warna hitam, maka bisa bebas dari wamil. Kalau dapat warna merah, maka wajib ikut wamil selama 2 tahun.



Tapi kalau mau ikut wamil secara sukarela ga pake undian, maka durasi wamilnya hanya 6 bulan. Yang unikmya transgender atau lady boy wajib ikut wamil.

Gak perduli sudah ganti kelamin selama lahirnya cowok, tetap wajib datang ke tempat draft day. Namun mereka biasanya datang cuma sebagai objek mood maker, atau seru-seruan.

Jadi gimana! Semoga dengan adanya wamil di sejumlah negara ini, bisa memotivasi negeri ini agar tetap mencintai negerinya sendiri. Karena disini tidak mewajibkan wamil.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Diubah oleh c4punk1950... 09-11-2022 03:44
indrastrid
evywahyuni
winardo32
winardo32 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.9K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan