Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Warung Unik di Blitar, Tiap Hari Bisa Makan Sepuasnya Tanpa Perlu Bayar
Quote:


Selasa, 8 November 2022, 17:17 WIB
Warga antre makan di Warung Makan Gratis Kota Blitar (Foto: Winanto/beritajatim.com) 

Reporter : Winanto

Blitar (Beritajatim) – Warung makan didirikan sebagai usaha yang berorientasi profit. Tetapi, ini tidak berlaku pada warung makan yang berlokasi di Jalan Anjasmoro Nomor 33 Kota Blitar.

Warung tersebut menyediakan beragam menu makanan setiap harinya. Uniknya, seluruh porsi makanan yang tersedia bisa dinikmati sampai puas tanpa perlu bayar alias gratis.

Pendiri warung, Delvia Nesvi mengungkapkan dia bersama para relawan mendirikan Warung Makan Gratis untuk meringankan beban masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah, saat pandemi Covid-19 melanda. Meski pandemi sudah melandai, warung tersebut tetap beroperasi.

“Warung makan ini sudah ada sejak awal pandemi lalu ya, Mas, tetapi hingga kini saya berkomitmen dengan teman-teman untuk terus melakukan aksi sosial ini” kata Delvia Nesvi, Relawan Warung Makan Gratis kota Blitar, Selasa (8/11/2022).

Warung makan gratis ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang. Menu makanan yang disuguhkan oleh warung gratis ini juga berganti-ganti setiap harinya.

Meski gratis, kualitas rasa yang diberikan oleh warung makan ini bukan seadanya. Bahkan tak jarang lauk makan di warung ada ayam goreng hingga daging.


Semua diberikan oleh para relawan agar warga kurang mampu tetap dapat menikmati lezatnya makanan di tengah lesunya ekonomi akibat Pandemi Corona selama 2 tahun lalu.

“Kita buka tiap hari mulai pukul 9 hingga jam 2 siang ada 150 porsi makanan yang biasanya kita bagikan kepada warga” imbuhnya.

Pendanaan untuk warung gratis ini berasal dari dana para donatur serta dana kumpulan bersama yang dilakukan oleh para relawan. Semua dilakukan dengan ikhlas membantu meringankan beban sesama.

Keberadaan warung makan gratis ini pun disambut baik oleh para tukang becak, pemulung hingga para ojek daring. Dimana dengan adanya warung makan gratis ini mereka dapat lebih hemat karena tidak lagi perlu mengeluarkan uang untuk makan pagi dan makan siang.

Seperti yang dirasakan oleh seorang penjual minuman sari kedelai, Muhammad Sholihin, ia sejak beberapa tahun lalu selalu menyempatkan diri untuk makan di warung gratis ini. Hal itu ia lakukan karena omzet penjualan minuman sari kedelainya anjlok di masa pandemi hingga sekarang.

“Saya cukup bersyukur mas dan sangat membantu keberadaan warung makan ini, saya tiap hari hampir selalu makan disini bersama istri, benar-benar membantu ekonomi saya,” ujar Muhammad Sholihin.

Sholihin menambahkan bahwa pendapatan dari berjualan minuman sari kedelainya ia sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Namun berkat warung makan gratis ini, ia bersama sang istri tidak lagi bingung untuk memikirkan sarapan pagi dan makan siang.

Kondisi yang sama juga diutarakan oleh Ahmad, seorang Ojek daring yang biasa beroperasi di wilayah kota Blitar. Menurutnya sejak harga BBM naik yang disusul dengan naiknya harga tarif ojek daring membuat pendapatannya anjlok sehingga ia juga ikut makan di warung gratis ini.

“Sangat membantu sekali. Mas, soalnya untuk dapat uang 30 ribu aja sulit mas, dari pada saya buat makan di warung mending saya pulang untuk anak istri,” ujar Ahmad.

Para relawan yang menjaga warung makan gratis ini setiap hari juga selalu bergantian. Hal itu dilakukan karena para relawan tersebut memiliki kesibukan yang lain selain melakukan aksi sosial.

Total ada lebih dari 20 relawan yang tergabung dalam gerakan warung makan gratis ini. Mereka berharap apa yang dilakukannya bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar. [owi/beq]

Sumber


Diubah oleh yellowmarker 09-11-2022 01:21
pilot2isekai078
nomorelies
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 2 lainnya memberi reputasi
3
830
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan