Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

FBS.officialAvatar border
TS
FBS.official
Menarik! Ternyata Begini Kondisi Bitcoin Setelah Inflasi AS
Halo, GanSis! Gimana kabarnya, nih? Lancar gak tradingnya?! Kali ini mimin hadir dengan informasi terbaru mengenai Bitcoin, lho. Penasaran gak sih? Oke kita langsung mulai, ya! emoticon-Malu

Jadi, Bitcoin (BTCUSD) mengalami turun kuat dari November 2021 kemarin, yaitu sebanyak 70%+ dari level tertinggi masanya. Walaupun mayoritas penjual belum menyerah, tren ini tipikal untuk akhir pasar bearish. Menurut data dari perusahaan analitik on-chain Glassnode, perilaku penjual menunjukkan bahwa dasar harga makro lagi terbentuk. 


Photo By CNBC.com

Yuk, kita intip posisi penjual di analis terendah pasar Bearish

Setelah muncul indikasi terbaru kalau pasar bearish Bitcoin lagi mendekati akhirnya, Glassnode mengungkapkan bahwa saat ini jaringan dihadapi ‘badai sempurna’ dari volatilitas rendah ditambah kerugian on chain yang tinggi. Seller Exhaustion Constant dihitung sebagai persentase dari total pasokan Bitcoin yang beredar dalam keuntungan dikalikan dengan volatilitasnya selama 30 hari terakhir.  Menurut data historis, posisi terendah ini jarang terjadi loh, GanSis, hanya muncul tujuh kali sebelumnya. Enam itu terjadi, volatilitas naik dan menyebabkan berakhirnya tren bearish Bitcoin.


Pengaruh Dari Kebijakan Moneter Fed

Federal Reserve yang merupakan bank cadangan dari The Fed, menaikkan suku bunga sebanyak 4 kali berturut-turut sebanyak 75 basis poin di tanggal 2 November. Hal tersebut adalah upaya agresif untuk memerangi fenomena inflasi pada ekonomi AS. Kenaikan ini membawa suku bunga acuan bank sentral ke kisaran target baru 3,75% hingga 4%, menjadikannya suku bunga tertinggi sejak Januari 2008.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan, Jerome Powell (Ketua Fed) menyoroti meningkatnya kemungkinan resesi yang akan datang dan mengakui bahwa kemungkinan situasi membaik semakin kecil! Selain itu, Powell menambahkan bahwa alasan Federal Reserve telah menaikkan suku bunga targetnya karena "tidak ada tanda-tanda penurunan inflasi." emoticon-Nyepi

Sifat Fed yang terlihat hawkish tak lagi mengherankan. Powell mengatakan beberapa kali bahwa indikator ekonomi makro belum stabil. Kenaikan harga di pasar tenaga kerja dan pasar perumahan terlalu tinggi, meskipun permintaan menurun. Akibatnya, dolar AS melambung tinggi setelah konferensi menekan aset berisiko, dengan US100 (NASDAQ) jatuh 3,7% dan Bitcoin turun 1,6%. Jika Fed tetap mempertahankan kebijakan moneter hawkish-nya, permintaan untuk aset berisiko, termasuk Bitcoin, akan menurun sehingga menekan harga.

Penentuan Dari Data CPI

Langkah dari Fed sendiri masih gak pasti GanSis untuk ke depannya. Dari ekspektasi analis, terdapat peluang 52% dalam kenaikan suku bunga 50 basis poin dan 48% untuk kenaikan 75 basis poin. 




Pada tanggal 10 November, Biro Statistik Tenaga Kerja AS bakal menerbitkan data inflasi bulan Oktober! Ada kemungkinan besar hasil data tersebut mempengaruhi pergerakan Fed selanjutnya. ika data aktual melebihi atau memenuhi ekspektasi kenaikan inflasi 0,4% (m/m), Fed kemungkinan akan mengambil langkah yang lebih hawkish pada pertemuan Desember. Sayangnya, langkah ini bisa berdampak negatif terhadap Bitcoin.


Di sisi lain, jika pertumbuhan inflasi menurun, Federal Reserve kemungkinan akan memperlambat laju kenaikan suku bunga utama dan Bitcoin mungkin akan naik! Wah, jadi deg-degan gini yaa. Nah, mending kita lihat nih indeks dari Dolar AS itu sendiri!



Bisa GanSis liat dari grafik harian di atas, kalau dolar AS membentuk bullish flag atau pola kenaikan. Kalau menembus garis tren resistance, indeks kemungkinan akan mencapai level 120 dalam waktu dekat, menekan aset berisiko termasuk kripto.

Sekarang kita lihat grafik harian dari Bitcoin!



Harga Bitcoin berada di antara Moving Average (MA) 50-hari dan 100-hari alias investor harus nunggu penembusan dan mengikuti tren. Jika menembus di atas MA 100-hari, harga kemungkinan akan mencapai $24.000. Di sisi lain, kalau menerobos turun MA 50-hari, harga akan jatuh ke $17.700. Selain itu, jika Bitcoin menembus di atas $24.000, akan membuka jalan naik ke $28.500. Pada saat yang sama, penembusan di bawah $17.700 akan menyebabkan BTCUSD turun lebih jauh menuju support $12.000.

Udah tau kan kondisi Bitcoin sekarang? Nah, langsung trading kripto aja yuk di FBS! Gimana sih caranya? Mimin langsung kasih tau caranya yang super duper gampang!


2. Deposit uang dan pilih aset kripto yang GanSis inginkan



Diubah oleh kaskus.infoforum 08-11-2022 08:45
indrastrid
darkwilliam00gg
pipitassegaf
pipitassegaf dan 6 lainnya memberi reputasi
7
7.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan