iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pelanggar Lalin Makin Tidak Berkutik, Polri Menggunakan Teknologi Face Recognition!


Keputusan Polri memberlakukan tilang elektronik rupanya cukup mendapat apresiasi positif dimata masyarakat. Bahkan dalam waktu dekat ini Polri berencana untuk melengkapi dan mempermudah mengidentifikasi pelaku pelanggar lalulintas dengan teknologi Face Recognition (FR).

Face Recognition (FR) atau kita menyebutnya dengan teknologi 'pengenalan wajah' dari kamera jarak jauh bagi setiap pelaku pelanggar lalulintas terutama pengendara yang kendaraannya tidak memiliki pelat nomor atau plat sulit terbaca oleh kamera tilang elektronik?



Hm, kalau saya fikir ini cukup bagus ya, karena wajah itu ibarat sidik jari karena setiap orang wajahnya tidak selalu sama. Dari wajah yang tertangkap akan terindentifikasi dari database yang Polri miliki bekerjasama dengan Dukcapil dan Inafis, setidaknya ini yang disampaikan oleh Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Brigjen Aan Suhanan.

Akan tetapi bagi masyarakat yang kritis dengan inovasi Polri ini biasanya selalu memandang dari dua sisi yaitu optimis dan pesimis. Pemikiran optimis tentu menyambut baik ide Polri dalam mengidentifikasi pelanggar dengan cara modern dan praktis sedangkan pesimis selalu mencari celah atau kekurangan dari ide tersebut.

Tidak salah memang ada orang menilai pesimis sesuatu dalam pemikiran dan penglihatannya karena bisa menjadi masukan lebih baik kedepannya. Dengan adanya orang seperti ini orang yang dinilai seharusnya antikritik mau mendengar dan memperbaiki kinerjanya lebih baik.

Dari beberapa teman yang saya tanya tentang penerapan Face Recognition (FR) dijalan raya mereka memiliki beberapa pertanyaan seperti:



"Bagaimana jika sipelaku sengaja menggunakan masker Buff? Memakai kaca mata hitam? Memakai helm full face berkaca gelap? Bertopi plus masker? Bahkan mungkin ada yang memang berniat melakukan 'penyamaran'?

Apakah teknologi Face Recognition (FR) ini mampu membaca wajah sipelanggar, terlebih misalnya kejadi ada di jalan dengan pencahayaan minim, terhalang oleh sesuatu, atau dalam kecepatan diatas rata-rata?

Saya pribadi berpendapat pastinya pihak Polri sudah memikirkan hal itu, jika masih ditemukan istilah 'sulit mendeteksi wajah' pelaku pelanggar lalulintas tadi anggap saja ini suatu kekurangan dari teknologi ini. Adanya back up kamera Etle statis dan kamera dinamis petugas dilapangan harapan saya sih akan melengkapi informasi kekurangan tadi.



Buat pelanggar bersiap-siap deh wajahmu jadi terkenal... Buat pemilik kendaraan jangan asal pinjamkan kendaraanmu ke orang lain, ya! Hm, jadi bagaimana menurutmu, gan?




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 04-11-2022 22:31
verdi01
damel88
hiestelle
hiestelle dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan