Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bisa Memecah Belah Masyarakat, Waspada Berita Hoax Menggiring Opini Publik
Marak berita hoax bertebaran di media sosial, begini cara mencegah dan mengatasinya


Berita hoax atau berita bohong merupakan sebuah informasi tidak benar yang disampaikan kepada publik dengan maksud serta tujuan tertentu entah itu untuk kepentingan pribadi pembuat berita atau bahkan juga menciptakan keresahan, perasaan tidak nyaman, serta menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat luas.

Adanya berita bohong atau hoax ini memang sengaja dibuat dari serangkaian informasi yang disesatkan, kemudian dijual sebagai sebuah "kebenaran" agar orang yang membaca, mendengar, atau melihatnya merasa percaya dan kemudian mengambil tindakan yang lemah atau salah sehingga menguntungkan pihak-pihak yang menciptakan hoax itu sendiri.

Di era modern dimana semua serba digital seperti saat ini, diakui atau tidak memang berita hoax atau berita bohong semakin mudah untuk tersebar di media sosial dan dilihat oleh banyak orang. Mulai dari konten berbau agama, etnis, politik, ekonomi, kesehatan, kriminalitas dan beberapa tema lainnya tidak luput dijadikan sebagai bahan fake news oleh oknum-oknum pembuat berita hoax untuk menggiring opini publik dan menciptakan keributan serta masalah di tengah masyarakat.

Telah banyak cara dan langkah diambil oleh pemerintah untuk mencegah beredarnya berita hoax di media sosial, tetapi ternyata meskipun mengurangi jumlah bukan berarti menghilangkan pemberitaan hoax, sebab sampai saat ini hoax tetap ada dan wajib untuk diwaspadai.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasi hoax di media maya?
Berikut ini beberapa diantara cara-caranya.


Quote:


1. Hati-hati dengan Judul Berita Provokatif

Salah satu ciri-ciri dari berita bohong atau hoax yaitu menggunakan bahasa yang provokatif dan disuguhkan langsung dari awal tulisan alias judul.

Berita hoax memiliki judul dengan bahasa provokatif untuk memancing rasa penasaran dari audience atau pembaca melihat isi berita yang juga disusun atas informasi-informasi tidak benar yang disuguhkan dengan bumbu-bumbu tertentu agar terlihat sebagai fakta kemudian dipercayai oleh banyak orang dan membuat orang yang percaya terhadap berita tersebut mengambil langkah dan tindakan.

2. Tanggap, Telaah, Teliti

Saat membaca berita dan dari judul sudah dihidangkan dengan sesuatu yang membuat emosi bertambah atau perasaan tidak menentu maka Agan Sista diharapkan untuk tanggap melakukan kontrol emosi terhadap diri sendiri.

Telaah baik-baik berita yang kalian baca, lihat, atau dengar agar Agan Sista bisa mengetahui apakah berita tersebut sebuah kebenaran atau hanya sebuah kebohongan semata.

Cara memastikan berita tersebut hoax atau fakta adalah dengan melihat website yang menyuguhkan berita. Jika situs yang merilis pemberitaan tersebut bukan situs resmi dan terverifikasi maka Agan Sista wajib lebih hati-hati dan waspada serta tidak mempercayai pemberitaan yang sudah beredar karena kemungkinan besar berita tersebut berita bohong.

3. Memastikan Keaslian Gambar atau Foto

Bukan hanya narasi yang bisa diolah sedemikian rupa untuk menggiring opini publik, sebuah gambar atau foto juga bisa direkayasa untuk tujuan yang sama yaitu memecah belah masyarakat.

Saat ini gambar atau foto bisa diedit dan diolah sedemikian rupa, pastinya dengan tujuan untuk meyakinkan seseorang atau banyak orang untuk mempercayai sebuah pemberitaan.

4. Bergabung di Group Anti Hoax

Bergabung ke sebuah group atau komunitas yang peduli terhadap kebenaran serta fakta-fakta pemberitaan juga dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencegah terpengaruh terhadap pemberitaan bohong atau hoax.

Dari banyaknya orang yang peduli dengan pemberitaan bohong inilah nantinya akan muncul berita-berita fakta karena orang yang tergabung sebagai member di group tersebut akan menelisik fakta dari sebuah pemberitaan sebelum nantinya menyebarkan berita yang memang berisi kebenaran yang bisa dipercaya penuh.


Itulah tadi GanSis beberapa langkah atau cara untuk mencegah terperdaya kabar berita hoax yang beredar bebas di media sosial.

Perlu Agan Sista ketahui bahwasanya pemberitaan bohong dapat memecah belah masyarakat karena memang tujuan dari disebarkannya berita hoax adalah untuk mencari keuntungan atau menciptakan keresahan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menjadi himbauan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
vasilizaitsev
T.G.I.F.
sufehmi
sufehmi dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan