Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kyauto.officialAvatar border
TS
kyauto.official
Tidak Tanggung-tanggung, Toyota Kenalkan 16 Mobil Listrik Sekaligus



Demi mengurangi emisi, Toyota secara serentak meluncurkan 16 mobil listrik baru, mulai dari mobil SUV, sports car, hingga mobil komersil.

Toyota bisa dikatakan cukup lambat dalam menghadirkan atau bertransisi ke mobil listrik. Meski sudah memasarkan C+pod dan COMS EV di Indonesia, secara global deretan mobil Toyota belum banyak yang sepenuhnya elektrik.

Contoh saja mobil listrik Toyota secara global masih sangat terbatas. Selain Lexus UX300e yang dijual dengan harga cukup tinggi dan Toyota bZ4x yang baru akan meluncur tahun depan, pilihan mobil lainnya masih menggunakan teknologi hybrid.

16 mobil listrik



Namun baru-baru ini, merek asal Jepang itu secara serentak menghadirkan beragam mobil listrik baru. Mengutip paultan.org, Rabu (15/12/2021), total ada 16 BEV baru yang mencakup mobil kelas city car, SUV, komersial, dan bahkan mobil sports sekaligus.

Sebagai contoh mobil SUV bernama "RZ" nantinya akan dipasarkan sebagai Lexus. Mobil ini mengusung bentuk yang cukup mirip dengan Lexus RX yang dijual saat ini. Dengan demikian, ada kemungkinan Lexus RZ akan dijual berdampingan atau menggantikan Lexus RX saat diluncurkan nanti.

Tidak hanya itu, kategori SUV juga diisi oleh dua mobil keluarga dan satu mobil dengan bentuk mengotak, berwajah retro mirip Land Rover Defender. Meski belum dikonfirmasi oleh Toyota, mobil ini bisa jadi secara tidak langsung menjadi penerus Toyota FJ Cruiser yang sudah tidak diproduksi semenjak tahun 2014.



Berikutnya ada beberapa mobil kompak seperti city car dengan bentuk mirip Toyota Aygo X yang beberapa waktu lalu diluncurkan dan satu lainnya dengan ukuran bodi lebih besar.

Untuk kelas pikap, Toyota mengusung model Tundra terbaru yang baru-baru ini juga diluncurkan di Amerika Serikat. Lantaran sudah tidak menggunakan mesin bensin, grill depan mobil itu kini lebih kecil.

Toyota juga menunjukkan mobil sports dengan tampilan futuristis. Pasalnya mobil yang belum mempunyai nama ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam di kisaran waktu 2 detik dan mempunyai jarak tempuh mencapai 700 km dalam sekali pengecasan.

Model mobil lainnya mencakup sports sedan, mobil komersil, dan Toyota e-Palette yang digunakan pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Biaya



Secara total, investasi Toyota untuk beralih ke mobil listrik memakan biaya sebesar 8 triliun Yen. Biaya tersebut dialokasikan untuk BEV dan teknologi hybrid. Masing-masing mendapatkan jatah 4 triliun Yen.

Toyota menargetkan dapat menjual 3.5 juta unit mobil listrik hingga tahun 2030, sedangkan Lexus membidik 1 juta mobil listrik dalam jangka waktu yang sama.

Pada tahun 2030 dihafrapkan seluruh produk line-up Toyota sudah BEV. Sementara Lexus menjadi full elektrik di tahun 2035. Produksi mobil-mobil ini akan berpusat di Amerika Serikat, Eropa, dan China.


jlamp
jlamp memberi reputasi
1
997
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan