Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ban Masih Bagus Tapi Sering Kempes? Ternyata Ini Penyebabnya!


Awalnya saya sering mengalami kempes ban depan di motor Supra X 125, padahal kasusnya belum lama ganti ban baru tubless depan sekalian yang belakang, tapi yang sering kena kasus kempes ya.. ban bagian depannya terus.

Penasaran saya kemudian mengganti ban depan tersebut ditoko ban yang cukup ternama, menyediakan banyak pilihan ban motor dan bongkar pasang dengan alat modern. "Ban saya padahal masih bagus nih, tapi kenapa seringnya kempes ya, pentilnya juga masih bagus..,"kata saya curhat ke mekaniknya.

Langkah pertama mekanik adalah memeriksa tepian velg ban. "Aman, nggak ada yang bengkok.." katanya.. "Ban harus dilepas dulu, ya mas kita lihat dalemannya..," lanjut si mekanik tadi. "Ok," jawab saya singkat.



Setelah ban diperiksa bagian dalam dengan cara diraba baru deh ketahuan kalau ternyata ada bagian kawat ban yang mencuat keluar dan ada sedikit retakan tipis, halus nyaris tidak terlihat oleh mata telanjang kalau tidak diamati dengan teliti.

"Meskipun ban baru tetap bisa kejadian seperti ini, kok," kata si mekanik. "Selain karena faktor cacat produksi, biasanya penjual waktu menjual suka asal pajang dijemur kepanasan berbulan-bulan, di tumpuk asal saja. Bisa juga mas nya beli ban baru tapi sudah ekspired masa pakainya meski kembangannya masih bagus.." terang si mekanik.

"Ada juga penjual yang nakal, penjual kasih ban yang sudah berumur biar ban lama terjual duluan. Kalau pembeli teliti sebelum dipasang sebaiknya dicek dulu keterangan dibagian dinding bannya... disitu ada keterangan kode ban diproduksi serta tahunnya.."



Cara membaca produksi ban contoh telihat angka 1317, angka 13 artinya ban di produksi di minggu ke 13 sedangkan angka 17 adalah tahun ban di produksi yaitu 2017, jadi kalau ban baru itu dipasang di tahun 2022 ini maka kamu harus menolaknya.

"Kasus ban baru tapi cepet kempes paling sering dialami motor yang masih pakai ban dalam, gap antara ban luar dan ban dalam seringkali kemasukan sesuatu atau benda tajam, atau serabut kawat ban luar yang mulai keluar karena sering angkut berat dan usia pakai ban yang sudah eskpired...ini yang buat ban dalam cepat rusak.."

"Saran saya yaitu tadi teliti saat beli ban, perhatikan kode produksi ban sebelum dipasang, kawal pemasangannya sampai ban terpasang dengan rapih.."

"Setelah ban selesai dipasang tepian ban dan velg sebaiknya juga diolesi oli supaya udara tidak mudah rembes... satu lagi mas, beli ban di toko yang ramai karena biasanya stok ban mereka selalu baru.."
tutup si mekanik.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

bang.toyip
bastian86
littleforest25
littleforest25 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan