iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tok! Tilang Ditempat Sudah Tidak Berlaku Lagi, Ini yg Harus Kita Lakukan Segera


Sebuah kabar yang cukup melegakan masyarakat baru-baru ini adalah; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa sekarang tidak ada lagi sistem tilang ditempat alias tidak berlaku lagi surat tilang kertas biru atau merah dan ditahannya STNK pelanggar.

Sebagaimana kita tahu tindakan petugas dilapangan banyak memunculkan 'pungli dadakan', dimana ada kesempitan disitu ada kesempatan oknum bermain. Pendekatan Polisi yang lebih humanis, tidak lagi melakukan tilang dijalan dan hanya memberikan himbauan dan membantu mengurai jalan yang macet adalah SOP yang sekarang sedang dilakukan.

Menurut pak Sigit ini bertujuan membangun citra Polisi kembali sehat dan dekat dengan masyarakat. Tidak ada lagi razia dadakan karena semua akan diatur, direkam dan dicatat oleh kamera ETLE jalan, L body wormyang dikenakan pertugas, mobil patroli yang dilengkapi alat perekaman.

Langkah modern melakukan tilang eletronik inilah yang berlaku sekarang, jadi kamu jangan senang dan bangga dulu ketika kamu berhasil menerobos lampu merah dan Polisi yang bertugas seolah berdiam diri. Lalu jangan kaget beberapa hari kemudian kamu mendapat 'surat cinta' dari kepolisian untuk membayar denda pelanggaran lalulintas yang kamu lakukan.



Hm, meski cara ini terbilang terlambat tapi saya pribadi cukup senang dengan peraturan baru ini karena pertama kita tidak lagi jadi sasaran oknum yang mencari-cari kesalahan lalu memeras, tidak ada lagi debat kusir yang ujung-ujungnya keluar duit, oknum tidak lagi kucing-kucingan menyamar jadi pot jalan, tidak lagi kepanasan-kehujanan, memudahkan dalam membayar tilang dan tepat sasaran, melatih dan membuat kita selalu diawasi dan menjadi disiplin dalam berkendara dimanapun.



Ya, meski menurut info yang saya dapat tilang elektronik ini pemasangannya belum sampai diseluruh jalan kota Indonesia terutama dijalan pedesaan tapi setidaknya sudah 34 polda di Indonesia menerapkan kebijakan ini. Tentu saja pemasangan kamera ETLE dan lainnya terus berjalan bertahap.

Nah, bagaimana menurutmu gan apakah penilangan model elektronik ini nantinya benar-benar bisa mendidik dan mendewasakan semua pengendara dijalan Indonesia yang terkenal 'semau gue' dan arogan itu? Semoga saja ya.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-11-2022 07:09
rinandya
rickyrickardo
motormeo
motormeo dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.2K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan